Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau AC Avanza Lawas Dingin, Segini Estimasi Biaya Servis Rutinnya

Kompas.com - 16/09/2023, 14:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Avanza lawas banyak diburu masyarakat meski usianya sudah memasuki 20 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2003 silam.

Mobil ini cukup diandalkan masyarakat lantaran memiliki kabin cukup lega dan nyaman. Dengan tempat duduk tiga baris, Avanza lawas bisa menampung 7 orang dewasa.

Dilengkapi double blower air conditioner (AC) membuat mobil ini nyaman saat dikendarai meski diisi muatan penuh dalam perjalanan siang hari. Letak blower AC ada di bagian depan dan tengah menggantung di plafon.

Baca juga: Mau Beli Avanza Lawas, Simak Cara Merawat Supaya Tetap Prima

Avanza generasi pertama banyak diburu masyarakatTangkapan layar Avanza generasi pertama banyak diburu masyarakat

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Avanza lawas dibekali AC cukup mumpuni karena ada dua bagian blower.

“Avanza lawas sudah menggunakan double blower, ini artinya juga dilengkapi dua evaporator sehingga kapasitas freon lebih banyak, maka dari itu biaya perawatannya berbeda,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan AC pada Avanza lawas perlu dirawat agar kemampuannya tetap optimal serta mencegah terjadinya kerusakan komponen.

Baca juga: Mau Beli Toyota Avanza Lawas, Pahami Penyakit Umumnya

Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.KOMPAS.com/Gilang Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

“Hanya saja, untuk perawatan rutin lengkap kami menyarankan untuk melakukan rangkaian treatment sehingga hasilnya lebih baik, yakni tidak cuma penggantian oli kompresor tapi juga pembersihan komponen,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan servis AC pada Avanza lawas dibagi menjadi dua jenis, yakni servis rutin ringan dan besar dengan rincian pekerjaan berbeda pula.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Toyota Avanza

“Servis ringan meliputi pembersihan blower, kondensor, filter AC dan pengecekan sistem AC tanpa dilakukan pembongkaran, sedangkan servis rutin besar adalah pembersihan dengan cara dibongkar semua komponennya,” ucap Muchlis.

Dengan demikian dalam sekali melakukan servis rutin AC Avanza lawas membutuhkan biaya mulai Rp 400.000 - Rp 900.000 tergantung mau dilakukan pembongkaran atau tidak saat proses servis.

Untuk informasi lengkapnya, berikut rincian biaya servis AC rutin:

Baca juga: Sinyal Kuat Kehadiran Mobil Hybrid Sejuta Umat, Avanza-Veloz?

  1. Ganti oli kompresor ND 8 single blower Rp 50.000, double Rp 100.000
  2. Ganti freon single blower Rp 150.000, double Rp 200.000
  3. Perawatan ringan AC rutin, Rp 100.000
  4. Perawatan besar AC, overhaul dashboard single blower Rp 300.000, double blower Rp 500.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com