Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen yang Servis Motor Listrik Diklaim Meningkat

Kompas.com - 01/09/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Tren penggunaan sepeda motor listrik di kalangan masyarakat mulai meningkat, hal itu dibuktikan dengan bertambahnya pelanggan yang melakukan servis, bahkan upgrade di bengkel.

Beberapa pemilik bengkel spesialis motor listrik juga mengakui hal tersebut, dan menganggap situasi ini sebaagai angin segar.

Topan, Pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik Semolis Cipondoh menjelaskan, ada peningkatan jumlah pelanggan yang sangat siginfikan dalam kurun dua bulan terakhir.

Baca juga: Begini Prosedur Servis Motor Listrik, Paling Lama 30 Menit

Komponen bagian dalam hub-drive motor listrik, ada dinamo, magnet, dan koilKOMPAS.com/daafa Komponen bagian dalam hub-drive motor listrik, ada dinamo, magnet, dan koil

Dia bercerita, berbeda dengan awal tahun, pada kuartal terakhir 2023, sudah banyak dijumpai pelanggan-pelanggan baru yang menggunakan motor listrik lansiran anyar.

“Awal tahun lalu, per-hari mungkin cuma 1-2 pelanggan, tapi sejak Mei kemarin, (jumlah pelanggan) naik terus. Sekarang bisa 7-8 pelanggan per-hari,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Topan juga mengaku optimistis jika angka pertumbuhan pelanggan akan terus meningkat dengan stabil, di mana semakin banyak pengguna yang menggunakan motor listrik.

Baca juga: Harga Rp 6 Miliar, BMW XM Sudah Banyak Dipesan Orang Kaya Indonesia

Proses tuning dan konversi motor listrikOrang Senang Garage Proses tuning dan konversi motor listrik

“Awalnya kebanyakan (pelanggan servis) pakai Volta, tapi sekarang mulai beragam lah ya. Ini bagus buat kita-kita yang jadi bengkel UMKM,” kata dia.

Situasi serupa juga disampaikan Adyta Muhammad Sina, Pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik EVCentrum. Saat ini, bengkelnya selalu kebanjiran order pelanggan yang meminta servis.

“Alhamdulillah semakin ramai, soalnya makin banyak orang yang pakai motor listrik juga,” ujarnya.

Baca juga: Harga Rp 6 Miliar, BMW XM Sudah Banyak Dipesan Orang Kaya Indonesia

Pengunjung GIIAS 2023 mencoba test ride motor listrik GratisKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung GIIAS 2023 mencoba test ride motor listrik Gratis

Adyta mengatakan, situasi ini bisa dianggap sebagai peluang yang bagus bagi pelaku usaha. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan bengkel-bengkel spesialis motor listrik baru akan semakin banyak bermunculan.

“Soalnya pasarnya sudah berkembang banget. Demand konsumen kan sudah ada, tinggal penyediaan bengkel motor listrik saja yang harus ditambah,” kata dia.

Servis rutin yang seringkali ditangani bengkel spesialis juga sebetulnya cukup ringkas, serupa dengan motor-motor konvensional. Misalnya ganti kampas rem, pemeriksaan suspensi, atau pembersihan dinamo.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com