Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Bus AKAP Lebih Suka Jalan Malam daripada Siang

Kompas.com - 29/08/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com – Pada saat naik layanan bus AKAP, biasanya jam keberangkatan dibagi menjadi pagi atau siang. Sensasi dari perjalanan dari kedua jam keberangkatan akan berbeda satu sama lainnya. 

Oleh karena itu, baik itu bus keberangkatan pagi atau malam punya kelebihan dan kekurang masing-masing. Lalu keberangkatan pagi atau malam yang menjadi favorit sopir bus AKAP?

Mas Unyil, salah satu sopir bus dari PO Haryanto mengatakan, dirinya lebih suka kebagian untuk membawa bus keberangkatan malam.

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Resmi Diperluas, 1 KTP buat Beli 1 Motor Listrik

“Lebih enak malam. Lebih tenang suasananya dan tidak panas. Kalau berangkat pagi itu terkadang di jalan silau pada saat ada terik matahari. Bawa busnya sedikit jadi tidak nyaman kalau silau,” kata Unyil kepada Kompas.com di Terminal Bubulak Bogor, Senin (28/8/2023).

Bus AKAP di Terminal Lebak BulusKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di Terminal Lebak Bulus

Sama seperti Mas Unyil, masih di tempat yang sama, sopir bus AKAP dari Tividi yang tidak ingin disebutkan namanya juga mengatakan lebih suka keberangkatan malam karena lebih mudah konsentrasi.

Baca juga: Red Bull Racing Honda Raih Kemenangan ke-13 di GP Belanda 2023

“Nyetir bus AKAP itu lebih enak malam hari. Kondisi jalanan lebih tenang, sehingga berkendara lebih konsentrasi,” kata sopir bus dari PO Tividi kepada Kompas.com.

Kendati begitu, baik itu keberangkatan pagi atau malam, sopir harus selalu siap dengan berbagai kondisi guna mengantarkan penumpang dengan aman sampai tujuan.

Menurutnya, yang paling utama sopir tidak boleh sampai mengantuk agar tetap mengutamakan keselamatan saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com