Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Bus Baru Starbus Pakai Model Single Glass

Kompas.com - 16/08/2023, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) Starbus resmi menambah medium bus baru rakitan untuk layanan pariwisata.

Bus tersebut dirakit oleh Karoseri Laksana dan melakukan proses serah terima pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Bus anyar milik PO Starbus menggunakan balutan bodi Tourista SR3 yang menjadi produk terbaru dari Karoseri Laksana. Artinya PO Strarbus menjadi bus pertama yang secara perdana menggunakan bodi Tourista SR3.

Baca juga: Alat Bantu Pengereman Bus dan Truk yang Bisa Cegah Kecelakaan

Sementara itu dapur pacu dari bus baru milik PO yang masih satu grup dengan PO Sinar Jaya tersebut ditopang oleh sasis dari Hino GB 150.

Untuk eksterior, pada bagian depan bus kini tampil beda lantaran menggunakan model kaca tunggal atau single glass.

Eko Yulianto, Asisten PLH Kabag Marketing PO Sinar Jaya mengatakan, pemilihan bodi bus dengan model single glass bertujuan untuk mempermudah penumpang pada saat melihat pemandangan keluar selama perjalanan menggunakan bus.

Bus baru Starbus divisi pariwisata PO Sinar JayaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus baru Starbus divisi pariwisata PO Sinar Jaya

“Kali ini bus tampil tidak pakai bando sebab penumpang lebih menyukai model yang seperti ini. Sepertinya bus model single glass memang akan jadi tren kembali,” kata Eko pada booth Laksana di GIIAS 2023, Selasa (15/8/2023).

Eko menjelaskan, visibilitas penumpang menjadi tujuan utama untuk bus pariwisata PO Starbus sehingga cocok dengan konsep yang ditawarkan oleh bodi Tourista SR3, yakni menggunakan single glass.

Baca juga: Komentar Alva Soal Motor Listrik Honda

Bus tersebut menggunakan clear laminated windscreen dengan 40 persen tinted tempered, sehingga penumpang akan lebih leluasa menikmati pemandangan ketika melakukan perjalanan.

Kemudian bus ini juga dilengkapi dengan model floating menggunakan design modern yang menarik dan gagah. Dari sisi keamanan, dashboard pada mobil tampil lebih tipis guna mengurangi blindspot dari pengemudi.

“Rencananya kita akan buat tiga unit bus yang seperti ini,” kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com