Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Pariwisata Pulih, Penjualan Sasis Bus Hino Ikut Moncer

Kompas.com - 15/08/2023, 17:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menjadi salah satu ATPM yang bersaing dalam segmen kendaraan niaga dengan produk sasis bus dan sasis truk.

Santiko Wardoyo, COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, dari kedua produk tersebut, penjualan sasis bus lebih moncer dari sasis truk pada semester 1 tahun 2023.

“Kita untuk tiga bulan ini, dari Mei sampai Juni penjualan sasis bus unggul dari truk. Jadi bulan keenam ini untuk penjualan sasis bus kita ke diler sekitar 90 persen,” kata Santiko kepada Kompas.com pada booth Isuzu di GIIAS 2023, Senin (15/8/2023).

Baca juga: Wuling Almaz RS Bersolek, Tampil Lebih Modern di GIIAS 2023 [Video]

Sementara itu, Santiko menyebutkan penjualan truk Hino di semester 1 tahun ini hanya mencatatkan 57,8 persen saja. Padahal, pada tahun sebelumnya di periode yang sama truk lebih unggul dari penjualan sasis bus.

Kondisi pandemi yang sudah sembuh mempengaruhi penjualan Hino, terutama di bus. Berbagai perusahaan otobus (PO) mulai gencar memperkuat layanan dengan meluncurkan bus baru.

Hino luncurkan Microbus 115 SDBL 4x4 dan 500 FM 280 JD R Retarder di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hino luncurkan Microbus 115 SDBL 4x4 dan 500 FM 280 JD R Retarder di GIIAS 2023

“Padahal bus itu paling lama pemulihannya. Karena saat Covid orang tidak bisa jalan-jalan. Kemudian ketika Presiden Jokowi tarik pembatasan sosial, sekarang kembali normal lagi. Pariwisata permintaannya tinggi karena orang mau piknik, jalan-jalan atau ziarah,” kata Santiko.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari- Juli 2023, total penjualan sasis bus Hino mencatatkan 651 unit.

Sementara itu, pada catatan tahun lalu atau 2022 dengan periode yang sama, sasis truk Hino hanya terjual 485 unit, artinya ada peningkatan sekitar 34 persen.

Baca juga: Booth Isuzu Dijaga Mobil Polisi, Pakai D-Max

“Kalau saya lihat imbang antara pemesanan sasis bus layanan AKAP dan pariwisata. Itu tergantung dari yang beli peruntukannya untuk apa. Contohnya yang kita lihat saat ini banyak model sleeper bus, itu cocok untuk AKAP yang trayek jauh semua. Kalau pariwisata itu tidak mungkin sleeper bus. Jadi imbang penjualannya,” kata Santiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com