Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Pamer Sedan Listrik i7 di GIIAS 2023, Simak Spesifikasinya

Kompas.com - 14/08/2023, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - BMW Indonesia menjadi salah satu produsen otomotif yang meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2023), di ICE BSD, Tangerang.

Pabrikan otomotif premium asal Jerman ini membawa lini produk kendaraan unggulannya, salah satunya adalah sedan listrik mewah i7 xDrive60 yang menjadi kendaraan untuk KTT ke-43 ASEAN PLUS 2023.

“Kali ini kami hadirkan untuk publik model flagship, All-New BMW Seri 7 dengan dua mesin yang berbeda, mesin pembakaran konvensional yang dirakit secara lokal di Indonesia dan full listrik,” ucap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Baca juga: Subsidi Bisa Tekan Harga Motor Listrik Honda EM1 e: Jadi Rp 33 Juta

BMW i7 merupakan versi listrik dari BMW 735i M Sport yang sudah dirakit secara lokal di Indonesia tepatnya di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara. Sayangnya, untuk BMW i7 masih merupakan unit Completely Build Up (CBU).

Secara eksterior, mobil ini memiliki desain yang mewah dan elegan. Bagian fascia masih didominasi dengan kidney grill yang menjadi ciri khas BMW, dilengkapi dengan lampu depan kristal BMW Iconic Glow LED ganda berbentuk melingkar pada kedua sisi, ditambah aksen BMW i Blue untuk tegaskan identitas mobil ini sebagai varian listrik.

Interior mewah BMW i7 dengan beragam fitur terkini dan canggihBMW Interior mewah BMW i7 dengan beragam fitur terkini dan canggih

BMW i7 dibekali pelek dengan ukuran besar yakni 21 inci M aerodynamic 910 Multicolor Dark Grey 3D polished buff dengan ban campuran.

Berlanjut ke bagian kokpit, BMW i7 memiliki tombol fisik yang jauh lebih sedikit. Hal ini tekankan komitmen terhadap digitalisasi yang diwujudkan oleh BMW Curved Display. Layar digital ini memiliki ukuran 12,3 inci. Sementara, di balik kemudi terdapat layar MID berukuran 14,9 inci.

Bicara soal jantung pacu, BMW i7 mengusung dua motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 544 Tk dan torsi 745 Nm. Dengan kapasitas baterai bersih 101,7 kWh. Jarak maksimum yang dapat ditempuh adalah antara 590-625 Km, tergantung cara berkendara.

Baca juga: Truk Mitsubishi Fuso Canter Klasik Mejeng di GIIAS 2023

Fitur-fitur canggih turut disematkan pada mobil listrik BMW i7. Mulai dari kombinasi Active Cruise Control dengan fungsi Stop&Go dan Steering and Lane Control Assistant yang dapat memberikan pengalaman mengemudi otomatis yang sangat intens.

Ada juga Automatic Speed Limit Assist, fungsi pemantauan rute, pengenalan lampu lalu lintas dan Active Navigation disesuaikan secara tepat dengan situasi yang dihadapi. Tak ketinggalan, Parking Assistant Professional mencakup Reversing Assistant saat ini sudah dapat melakukan gerakan kemudi untuk jarak hingga 200 meter.

Menyoal harga, BMW i7 dijual Rp 3,247 miliar (off the road) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com