Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 30 Jutaan, Upgrade Toyota Fortuner Lawas Jadi GR Sport

Kompas.com - 29/07/2023, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan 5 produk Gazoo Racing untuk pelanggan di Indonesia. Salah satu dari kelima mobil yang mendapat pembaruan tersebut adalah Toyota Fortuner.

Fortuner GR tampil lebih gagah dan sporty jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Tak heran jika mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) ini banyak diburu oleh pencinta otomotif.

Namun, bagi Anda yang memiliki dana terbatas, tak harus membeli Fortuner GR baru untuk mengupgrade tampilannya agar lebih modern. Sebab, saat ini sudah banyak rumah modifikasi yang menawarkan ubahan dari tipe VRZ menjadi GR Sport

Baca juga: Jokowi Lobi Pengusaha China untuk Ikut Bangun Ekosistem EV di Indonesia

Salah satunya disediakan oleh bengkel modifikasi bernama JAC Garage, yang berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pemilik dari JAC Garage bernama Isaac atau yang biasa dikenal dengan om Jac mengatakan, untuk upgrade model GR bisa dilakukan pada Toyota Fortuner model apa saja dengan tahun lansiran mulai dari 2016.

@jacgarage FACELIFT VRZ 2017 #jacgarage #TikTokPromote #senggoldong #tiktokindonesia #upgradefortunervrz ? suara asli - Andy - ?A N D Y?

“Untuk upgrade ke GR, type Fortuner apa saja bisa. Modelnya dari 2016-2020 bisa kami ubah ke GR 2023,” ucap om Jac, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Adapun paket modifikasinya meliputi bodykit GR fullset, bemper depan fullset, headlamp (L+R), foglamp led (L+R), LED DRL bumper (L+R), grille set, stoplamp dan lampu bagasi. Part modifikasi tersebut bersifat plug and play, sehingga memang dibutuhkan keterampilan khusus agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Selain itu, om Jac juga mengklaim bahwa pihaknya akan memberikan chip anti error di bagian headlamp agar indikator lampu tidak menyala pada saat lampu model GR diaplikasikan.

Baca juga: Luhut Minta Sinergitas buat Program Konversi Motor Listrik

“Sistem kelistrikan yang dirubah hanya soket bagian headlamp, maka dari itu saya sertakan chip anti error khusus bagian headlamp saja,” kata om Jac.

Adapun untuk biaya modifikasi bervariatif dimulai dari Rp 30 juta sampai Rp 40 juta, dengan proses pemasangan selama dua hari.

“Kalau seperti video Tiktok di atas hanya Rp 30 juta saja, sudah terima beres,” ujar om Jac.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com