Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peminat Subsidi Motor Listrik Konversi Diklaim Sudah Ribuan Unit

Kompas.com - 28/07/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain menggencarkan motor listrik melalui pembelian unit baru, pemerintah juga memberikan subsidi bagi mereka yang beralih menggunakan motor listrik konversi.

Sampai dengan Juli 2023, jumlah peminat motor listrik konversi bersubsidi diklaim sudah mencapai ribuan konsumen. Meski begitu, jumlah motor listrik konversi yang tersalurkan masih nol.

“Belum mulai, baru nanti gongnya mulai, yang di Kementerian ESDM,” ujar Tomy Huang, Direktur PT Trimentari Niaga (Bintang Racing Team), salah satu bengkel konversi yang mendapat sertifikasi dari pemerintah, kepada Kompas.com (27/7/2023).

Baca juga: Curiga Oli Pertamina dan Shell yang Lebih Murah Rp 10.000

Komponen konversi motor listrik, seperti motor listrik BLDC dan baterai.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komponen konversi motor listrik, seperti motor listrik BLDC dan baterai.

“(Yang tersalurkan) belum, baru besok perdana yang 100 unit itu, sama yang MoU Pak Menteri dan Kapolri,” kata Tomy.

Tomy mengatakan, pihaknya telah melakukan riset motor listrik konversi dalam satu tahun terakhir. Selama itu pula, sebanyak ratusan unit konversi kit telah dilepas ke pasaran.

“Yang request sudah ribuan, hampir 6.000 unit, tapi pelaksanannya belum yang subsidi. Kalau yang bukan subsidi kita sudah jual 200-an unit,” ucap Tomy.

Baca juga: Begini kalau Honda CBR250RR Pakai Mesin Empat Silinder, Super Agresif

Sebelumnya, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 Tahun 2023 dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2023.

Regulasi ini mengatur pemberian insentif bagi masyarakat yang ingin melakukan konversi motor BBM ke listrik.

Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) Kementerian ESDM Senda Hurmuzan Kanam, mengatakan, saat ini sudah ada 24 bengkel tersertifikasi yang siap melayani proses konversi.

Baca juga: Mengenal Toyota Transmover, Bekas Taksi Blue Bird yang Akan Dijual

Honda Vario 125 jadi salah satu tipe motor yang banyak dikonversi menjadi motor listrikKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Vario 125 jadi salah satu tipe motor yang banyak dikonversi menjadi motor listrik

"Jadi tahun ini targetnya ada 50.000 unit yang akan dikonversi dan anggarannya sudah tersedia dari Pemerintah, sekitar Rp 350 miliar,” ujar Senda, dalam konferensi pers, Juni 2023.

“Jadi bantuan ini siap untuk dilaksanakan dan diberikan kepada masyarakat yang tertarik untuk melakukan konversi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com