Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merger dengan Hino, Bisnis Mitsubishi Fuso Belum Berubah

Kompas.com - 27/07/2023, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada akhir Mei 2023 Mitsubishi Fuso Truck and Bus (MFTBC) dan Hino Motors Ltd resmi bergabung atau merger. Kerja sama kedua produsen truk asal Jepang tersebut untuk pengembangan, pengujian dan produksi kendaraan komersial.

Merger keduanya diresmikan oleh Daimler AG selaku induk Mitsubishi Fuso dan Toyota yang merupakan induk Hino.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Optimistis Penjualan Truk di 2023 Capai Target

Pada nota kesepahaman (MoU), bisnis Mitsubishi Fuso Truck and Bus dan Hino Motors Ltd akan bergabung dalam satu perusahaan induk yang sama.

Jejeran truk Hino KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Jejeran truk Hino

Terkait hal tersebut Duljatmono, Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, hingga saat ini belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai kerja sama tersebut.

"Mungkin itu sampai saat kita dapat informasinya hanya seputar dari websitenya. Nah itu masih proses awal. Untuk tahapan berikutnya kami belum ada arahan seperti apa,"
kata pria yang akrab disapa Momon tersebut kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2023).

Baca juga: Hino Ganti Nama Truk, Tidak Pengaruhi Produk Sasis Bus

Berdasarkan laman toyotatimes.jp, kolaborasi Hino dan Fuso akan melakukan pengembangan powertrain dan bahan bakar hidrogen. Kerja sama tersebut dalam bertujuan menghadirkan produk kendaraan komersial kompetitif untuk pasar global.

Agung Rent memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk mendukung operasional perusahaan. Dok. KTB Agung Rent memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk mendukung operasional perusahaan.

Kendati beberapa media internasional sudah memberitakan kabar merger Fuso dan Hino, namun menurut Momon, kerja sama tahap awal tersebut masih belum mengubah bisnis Fuso secara internal, terutama di Indonesia.

"Jadi proses internal kita secara bisnisnya belum ada perubahan apapun," kata Momon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com