Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tidak Khawatir Tertinggal di Era Mobil Listrik

Kompas.com - 27/06/2023, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada era mobil listrik dalam negeri, sudah mulai banyak pilihan modelnya. Meski demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak khawatir tertinggal di segmen tersebut.

Saat ini, sudah ada BMW, DFSK, Esemka, Hyundai, Lexus, Mercedes-Benz, Morris Garages (MG), Mini, Nissan, Porsche, Renault, Tesla, Toyota, dan Wuling. Segmennya juga beragam, ada mobil penumpang dan mobil niaga.

Baca juga: Honda Gandeng UI, Kembangkan Teknologi Mobil Listrik

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, para pabrikan tersebut sudah masuk tahap pengenalan. Tahap selanjutnya adalah ekspansi atau memperluas dan itu yang penting.

Mobil listrik Honda e:NY1 memiliki banyak kemiripan dengan HR-VDok. Honda Mobil listrik Honda e:NY1 memiliki banyak kemiripan dengan HR-V

"Ada tahapnya ya, ada studi dan edukasi. Lalu, ada memperkenalkan, di mana infrastruktur belum banyak," ujar Billy, dalam acara kerja sama Honda dengan Universitas Indonesia di bilangan Depok, Jawa Barat, Senin (26/6/2023).

"Kemudian, ada ekspansi, di mana infrastruktur sudah banyak, itu yang benar-benar permintaannya dibutuhkan oleh konsumen di sini," kata Billy.

Baca juga: Ajak Honda e Berkendara di Jalan Raya, Stabil dan Menyenangkan

Saat ini, Honda masih dalam tahap riset dan edukasi. Untuk itu, dihadirkanlah Honda e:Technology, yang meliputi tiga pilar, yakni Honda Automobile, Honda Motorcycle, dan Honda Power Products.

Honda e:Technology dipamerkan di Dreams Cafe, Senayan Park, JakartaDok. HPM Honda e:Technology dipamerkan di Dreams Cafe, Senayan Park, Jakarta

"Kalau mau memperkenalkan, lihat saja segmen apa yang dibutuhkan, di saat infrastruktur masih seperti sekarang ini. Infrastruktur juga kan jalan terus, perkembangan cepat sekali," ujarnya.

"Nanti, begitu saatnya sudah tinggi, ekspansi itu ada pasti. Kalau ekspansi, sudah pasti buatan lokal dan itu yang benar-benar dibutuhkan konsumen di Indonesia," kata Billy.

Test drive mobil listrik Honda e di jalan rayaKompas.com/Adityo Test drive mobil listrik Honda e di jalan raya

Billy menegaskan, Honda akan mulai dengan memperkenalkan kendaraan elektrifikasi dengan dua mobil hybrid di tahun ini. Untuk mobil listrik, Honda masih bungkam kapan tepatnya akan memasarkannya di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com