Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Desain Luar Dalam Yaris Cross Hybrid, Kental Nuansa Sporty

Kompas.com - 13/06/2023, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi diluncurkan pada 15 Mei 2023, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan untuk merasakan singkat sensasi di balik kemudi electric vehicle pertama Toyota di segmen Medium SUV yang diproduksi di Indonesia, yakni Yaris Cross Hybrid.

Namun sebelum membahas soal impresi singkat mengendarainya, kita kupas sedikit lebih dalam dari segi eksterior dan interior yang juga banyak dipertanyakan.

Datang mengusung DNA sport utility vehicle (SUV), Yaris Cross Hybrid punya tampilan yang cukup modern dengan konsep "Solid & Dynamic".

Kesan sporty sudah terlihat dari bagian depan dengan gril trapezoidal yang berbeda ukuran antara atas dan bawah.

Baca juga: Masih Ada Pilihan Mobil Matik di Bawah Rp 250 Juta, Cek Daftarnya

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Yaris Cross Hybrid

Demikian juga untuk desain lampu utama yang dibuat mengikuti lekukan kap mesin dan bodi samping, serta fog lamp yang bersarang di bawahnya.

Sekilas desainnya sedikit menyerupai RAV-4 pada bagian depan. Sementara sektor samping, kesan SUV ditonjolkan melalui spatbor lebar yang dipadukan dengan bodi sedikit kotak serta kaki-kaki yang kokoh dengan pelek ring 18 inci.

Menariknya, Yaris Cross Hybrid hadir dengan desain atap yang miring alias landai ke bagian belakang layaknya mobil-mobil kupe. Hal ini membuat bagian belakang terkesan padat, dengan desain yang tak kalah sporty serta telah dilengkapi rear combi lamp yang memberikan kesan lebar.

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Yaris Cross Hybrid

Secara keseluruhan, kesan SUV modern sudah ditampilkan dengan baik. Bahkan dengan panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan ground clearance 260, rasanya Yaris Cross tak hanya mampu melibas medan aspal perkotaan, tapi juga percaya diri diajak berpetualang.

Baca juga: Ini Harga Lengkap Toyota Yaris Cross, Ada 6 varian


Apalagi dari data di atas kertas, Toyota mengklaim overhang depan-belakang atau jarak antara wheelbase mobil ke ujung bumper dibuat padat dengan approach angel 19 derajat dan departure angle 28 derajat. Sementara radius putar juga kecil, yakni 5,2 meter yang membuat Yaris Cross harusnya lincah untuk bermanuver dan u-turn.

Interior

Masuk ke dalam kabin, di balik desain luar yang terkesan ringkas ternyata Yaris Cross punya sisi kelapangan yang tak kalah menarik.

Baik pada baris pertama dan kedua, untuk tinggi orang dewasa 174 cm tak ada masalah pada bagian kaki atau atap. Kesan lapang juga dihadirkan melalui Panoramic Glass Roof with Power Sunshade.

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Yaris Cross Hybrid

Tak hanya itu, menguatkan karakter sebagai SUV berkelas, nuansa kabin dibuat warna hitam, dari dasbor, sampai jok yang sudah dilapis sintetis dan fabric lengkap dengan detail jahitan biru. Ditambah lagi dengan gagang kemudi yang dikemas elegan dan sporty.

Selain itu, Toyota juga mencoba menyuguhkan kesan mewah melalui material bahan lembut dan berlapis satin, termasuk soft dashboard.

Baca juga: Toyota Mulai Ekspor Yaris Cross dari Karawang, Sasar 25 Negara

Belum lagi ornamen pengaturan serba digital dan elektrik, lalu layar TFT 7 inci yang tampilannya bisa diubah, head unit touchscreen yang juga mampu menampilkan informasi kendaraan, dan panoramic view monitor.

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Yaris Cross Hybrid

Karakter SUV modern yang serba ergonomis dan siap memanjakan pengendara terlihat dari layout dasbor yang dibuat layaknya kokpit pesawat. Tata letak fitur dibuat mudah untuk digapai, sementara sisi kenyamanan berkendara juga makin mantap dengan hadirnya fitur electric seat adjuster dan visibilitas depan yang baik.

Bicara fitur keselamatan dan keamanan, bisa dibilang Yaris Cross Hybrid cukup lengkap yang diantaranya terdiri dari Toyota Safety Sense (TSS) 2.0, 6 aribags, hill start asisst, rear cross traffic alert (RCTA), dan blind spot monitor (BSM), serta lainnya.

Baca juga: Bikin Toyota Kijang Super Jadi Baru dan Modern

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Yaris Cross Hybrid

Dengan modal tersebut, tak heran bila Toyota mengklaim Yaris Cross Hybrid tak hanya punya kemasan yang sporty, tapi punya daya tarik high-end SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com