Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Konsumen EV, Hyundai Berencana Pasang SPKLU di Banyak Mal

Kompas.com - 16/05/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) rencananya akan dipasang Hyundai di sejumlah mal-mal kota besar di Indonesia.

Sanghoon Yoon, Head of Future Business Group Hyundai Motor Asean HQ mengatakan, penyediaan fasilitas ini diperuntukkan untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik, khususnya mobil listrik dalam hal pengisian daya.

Menurutnya, penyediaan infrastruktur berupa SPKLU yang mudah diakses menjadi faktor utama yang bisa menunjang kelancaran penjualan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami sudah memasang satu SPKLU di mal Plaza Indonesia belum lama ini,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Siap-siap, Hyundai Akan Perkenalkan SUV EV Tahun Depan

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.Dok. Kementerian PUPR Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.

Yoon menjelaskan, SPKLU yang dipasang di mal Plaza Indonesia sudah mengadopsi Hyundai ultra fast charging, teknologi pengisian daya terbaru mereka.

Dengan daya total mencapai 240 kilowatt (kW), stasiun tersebut memungkinkan pengisian baterai mobil listrik dari 10 persen sampai 80 persen hanya dalam waktu kurang dari 20 menit.

SPKLU ini juga terbuka untuk kendaraan-kendaraan listrik lainnya dengan kompatibilitas serupa, yakni menggunakan charging port tipe CCS2.

Yoon menambahkan, kedepannya Hyundai akan melakukan ekspansi dan memasang lebih banyak lagi SPKLU bertipe ultra fast charging di mal-mal lainnya.

“Nantinya kami akan melakukan instalasi di lebih banyak mal-mal besar, tidak hanya Plaza Indonesia,” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com