Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Marquez Hemat Waktu dan Tenaga Saat Sesi Tes

Kompas.com - 24/03/2023, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez merupakan salah satu pebalap yang jenius. Dia bahkan memiliki trik tersendiri untuk bisa menghemat waktu dan tenaga saat sesi tes.

Marquez mengaku tidak selalu mengandalkan papan pit ketika sesi tes. Sementara pebalap lainnya, justru berpatokan terhadap papan pit tersebut agar sesuai dengan lini masa yang sudah ditetapkan oleh masing-masing tim.

Baca juga: Alex Marquez Kurang Setuju jika Marc Marquez Pindah ke Ducati

Marquez mengatakan, dirinya tidak selalu melakukan lima lap saat mengetes suatu komponen. Dia lebih memilih untuk lebih mengandalkan perasaannya.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjajal sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 11 Februari 2023.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjajal sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 11 Februari 2023.

"Saat sesi tes, saya berkendara apa yang saya rasakan. Jika saya keluar dan mencoba sesuatu yang tidak bekerja, mengapa saya harus berada di luar untuk melakukan lima lap," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Jumat (24/3/2023).

Marquez mengatakan, dia masih tetap membutuhkan papan pit. Contohnya, saat melakukan 12 lap, yakni jarak Sprint Race, tapi hanya sebagai referensi.

Baca juga: Alex Marquez Sebut Marc Marquez Iri dengan Ducati

"Tapi, untuk mencoba sesuatu, Anda hanya perlu menggunakan cruise mode dan saya tidak menginginkan ada jumlah lap," kata Marquez.

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

"Jika itu perubahan besar, Anda akan cepat merasakan apakah itu lebih baik atau lebih buruk, dan ini menghemat waktu. Mengapa Anda butuh sampai lima lap, jika dua lap saja cukup," ujarnya.

Marquez membeberkan, dia sudah melakukan trik tersebut sejak musim 2017, setelah dia mendapatkan lebih banyak pengalaman dengan motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com