Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery Optimistis Tiggo 7 Pro dan 8 Pro Jadi PHEV Bakal Tetap Laris

Kompas.com - 10/03/2023, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery membuka opsi untuk mengubah Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro menjadi mobil Plug-In Hybrid, sebagai bagian dari strategi perusahaan mengisi segala lini segmen SUV yang ada.

Opsi Tiggo 7 Pro berubah jadi mobil PHEV karena melihat kehadiran Omoda 5 yang bisa menggerus pasar Tiggo 7 Pro. Pasalnya dengan segmentasi yang hampir sama dan harga tak terpaut jauh, besar keduanya saling beririsan.

Baca juga: Cuma 3 Merek yang Dapat Insentif, Asosiasi Motor Listrik Rapatkan Barisan

Harry Kamora, Vice President Chery Sales Indonesia (CSI) mengakui jauh hari sebelum Omoda 5 diumumkan untuk pasar Indonesia, pihaknya sudah berdiskusi apa yang akan dilakukan oleh Tiggo 7 Pro.

Chery Tiggo 7 Pro PHEVChery Chery Tiggo 7 Pro PHEV

"Kita tahu kami akan mengusung nanti PHEV, sebelumnya kami sampaikan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro ada PHEV. Jadi begitu dia jadi PHEV jadi beda lagi. Tapi belum diputuskan ya ini masih diskusi internal soal positioning," kata Harry di Serpong, Tangerang, Rabu (8/3/2023).

Jika benar Chery ingin menaikkan kelas Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro jadi mobil PHEV termasuk langkah berani. Sebab jika dirunut penjualan mobil PHEV sebetulnya kecil di Indonesia.

Saat ini pemain mobil PHEV ialah mobil Jepang dengan banderol tidak murah. Contohnya seperti Mitsubishi Outlander PHEV seharga Rp 1,3 miliar dan Lexus RX 450h+ Luxury PHEV yang baru meluncur seharga Rp 1,6 miliar.

Baca juga: Karoseri Adiputro Luncurkan Bus Pesanan Klub Bola Malang

Eksterior Tiggo 7 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Eksterior Tiggo 7 Pro

Menanggapi hal tersebut Harry tetap optimistis. Dia yakin jika nanti Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro memang berubah jadi mobil PHEV, keduanya tetap bisa bersaing karena punya harga lebih murah dari merek lain di kelasnya.

"Sebetulnya sederhana, apasih angka-angka yang dari China masuk (kemudian) kalau harganya tidak jadi murah. Itu saja," kata Harry.

"Wuling masuk dulu begitu. Semua orang terpapar sama dia, kok bisa China bikin mobil murah. Saya jawabnya sederhana yang (masuk) duluan saja mengambil untungnya kegedean," kata Harry.

Baca juga: Potret Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Pamerkan Mobil Mewah

Chery Tiggo 7 Pro di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Tiggo 7 Pro di IIMS Hybrid 2022

Meski tidak diungkapkan secara gamblang, Harry mengisyaratkan bahwa harga adalah hal penting untuk menarik minat konsumen di segmen ini.

"Menurut saya ketika nanti kita hadirkan pasti bakal bikin suasana baru," ungkap Harry.

"Contoh seperti Omoda 5 ini pantas tidak harganya segitu. Sebetulnya Rp 500 juta juga berani, cuma volume tidak dapat. Kita ingin volume dapat harga yang pas berapa di set segitu. (Di mana) 4W terpenuhi di marketing," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com