Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Esemka Bima Mirip SWM LX30 EV

Kompas.com - 16/02/2023, 14:09 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Esemka menampilkan minibus listrik yang sekilas visualnya mirip dengan tampang Bima di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Kehadiran mobil ini sekaligus menepis informasi sebelumnya yang menyebutkan PT Solo Manufaktur Kreasi, akan membawa mobil listrik hasil kolaborasi dengan China.

Meski punya visual serupa dengan Esemka Bima 1.2 dan 1.3, namun bila diperhatikan lebih detail, minibus EV yang dibawa juga punya tampilan mirip dengan minibus asal China, yakni SWM Motor X30L EV.

Baca juga: Menyapa Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jokowi Bilang Punya Potensi

Minibus Esemka di IIMS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Minibus Esemka di IIMS 2023

Dari bentuk bumper, lampu, sampai desain gril dengan kisi-kisi berlapis krom yang memiliki desain terpisah. Sayangnya soal hal ini memang belum ada informasi lebih lanjut dari pihak Esemka.

Berdasarkan penelusuran redaksi, SWM Motors adalah merek yang berada di bawah Shineray. Untuk unit yang yang diduga X30L EV memiliki dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.990 mm, dan wheelbase 2.925 mm.

Dari situs resmi Shineray, X30L EV dibekali baterai Ternany Lithium berkapasitas 49.1 Kwh dan motor listrik Permanant Magnet Synchronous Motor.

Olahan dari motor listriknya diklaim memiliki daya hingga mencapai 75 kW dengan torsi puncak 165 Nm.

Baca juga: Senyum Manis Jokowi Saat Duduk di Kabin Esemka Bima EV

Esemka di IIMS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Esemka di IIMS 2023

Namun saat dikonfirmasi, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya belum berbicara banyak. Dia hanya menjelaskan saat ini diperkenalkan, akan dijelaskan lebih detail.

"Sebentar lagi, nanti akan kami jelaskan," katanya, Kamis (16/2/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com