Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Mobil Hybrid yang Meluncur Selama Tahun 2022

Kompas.com - 21/12/2022, 19:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pabrikan sudah mulai memasarkan kendaraan elektrifikasinya. Tidak hanya mobil listrik, tapi juga mobil berteknologi hybrid.

Selama tahun 2022 ini, ada tiga pabrikan yang meluncurkan tiga model mobil hybrid. Uniknya, ketiga mobil hybrid ini memiliki konsep yang berbeda-beda.

Baca juga: Dua Mobil Hybrid Honda Bakal Meluncur di Indonesia pada 2023

Berikut ini deretan mobil hybrid yang meluncur selama tahun 2022:
1. Suzuki Ertiga Hybrid

Uji coba All New Ertiga Hybrid di Semarang, belum lama iniDicky Aditya Wijaya Uji coba All New Ertiga Hybrid di Semarang, belum lama ini

Suzuki Ertiga Hybrid merupakan mobil elektrifikasi pertama di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Mobil ini dibekali dengan Suzuki Smart Hybrid.

Berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik, All New Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

Baca juga: Mobil Hybrid Terlaris November 2022, Innova Zenix Geser Ertiga Hybrid

Harga Suzuki Ertiga Hybrid
- All New Ertiga Hybrid SS - AT Rp 292.300.000
- All New Ertiga Hybrid SS - MT Rp 281.300.000
- All New Ertiga Hybrid GX - AT Rp 281.300.000
- All New Ertiga Hybrid GX - MT Rp 270.300.000

2. Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz HybridKompas.com/Donny Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid menjadi kendaraan elektrifikasi di segmen sport utility vehicle (SUV). Mobil ini memiliki sistem hybrid yang sedikit berbeda dengan mobil hybrid lainnya yang sudah dipasarkan duluan di Indonesia.

Perbedaannya adalah di Almaz Hybrid ini sistem hybrid-nya sudah punya Multi-mode. Sehingga, bisa menggunakan sistem seri dan paralel.

Almaz Hybrid menggunakan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang bisa mempunyai kemampuan menggabungkan antara mesin bensin dengan motor listrik, maka Almaz Hybrid ini juga punya kemampuan untuk EV Mode.

Harga Wuling Almaz Hybrid : Rp 470.000.000

3. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

All New Toyota Kijang Innova Zenix EV ModellistaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Kijang Innova Zenix EV Modellista

Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi Innova pertama yang mengalami elektrifikasi. Mobil ini dibekali teknologi hibrida dengan siklus Atkinson.

Innova Zenix Hybrid bisa melaju hanya dnegan mode EV. Tapi, dengan kecepatan dan jarak yang terbatas. Ketika baterai mulai kekurangan daya listrik, mesin bensinnya akan bekerja, tapi hanya untuk mengisi daya baterai lewat generator.

Harga Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid
- Innova Zenix Hybrid 2.0 G CVT : Rp 458.000.000
- Innova Zenix Hybrid 2.0 V CVT : Rp 522.150.000
- Innova Zenix Hybrid 2.0 V CVT Modellista : Rp 532.200.000
- Innova Zenix Hybrid 2.0 Q CVT TSS : Rp 601.150.000 Innova Zenix Hybrid 2.0 Q CVT TSS Modellista Rp 611.000.000 (non premium color)
- Innova Zenix Hybrid 2.0 Q CVT TSS Modellista : Rp 614.000.000 (premium color)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com