Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Beli Mobil Bekas dengan Kondisi Begini

Kompas.com - 22/03/2022, 19:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Membeli mobil bekas kini menjadi alternatif banyak orang untuk mendapatkan kendaraan pribadi. Dengan harga yang miring, mobil bekas dengan kualitas baik kini juga banyak di jual di pasaran.

Tentunya ini menjadi tawaran yang menggiurkan bagi calon pembeli yang sejak lama ingin memiliki mobil sendiri. Akan tetapi, sebelum memutuskan membeli mobil bekas, calon pembeli harus memperhatikan banyak hal.

Baca juga: Toyota Rush Masih Terlaris Sepanjang Februari 2022

Dalam membeli mobil bekas tidak boleh asal tergiur dengan harga yang ditawarkan, namun juga keadaan dari mobil tersebut.

Karena mobil yang di jual pernah di pakai oleh pihak lain, pasti ada kendala atau alasan tersendiri mengapa mobil tersebut di jual.

Bahkan, beberapa kondisi mobil bekas disarankan untuk dihindari pembeli.

Joni Gunawan, atau yang lebih dikenal dengan Joni Lapak Mobil, salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengatakan mobil bekas yang pernah terendam banjir atau bekas kecelakaan harus di waspadai pembeli.

Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.DOK. SUZUKI Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.

“Menurut kita sebagai pedagang mobil bekas, pembeli harus perhatikan apakah mobil itu pernah alami banjir dan tabrakan,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Menurut Joni, calon pembeli hendaknya harus mencari tahu terlebih dahulu apakah mobil bekas tersebut pernah alami banjir atau tabrakan. Mobil bekas yang pernah alami banjir memiliki banyak permasalahan.

Kondisi mesin yang tidak stabil bahkan telah bermasalah menjadi permasalahan mobil bekas yang pernah alami banjir. Sementara itu, pada mobil bekas yang pernah alami kecelakaan pasti memiliki banyak kerusakan di interior, interior bahkan mesin.

Baca juga: Raih Posisi 5 dan 6, Suzuki Ecstar Akui Trek Sirkut Mandalika Sulit

Alhasil, jika membeli mobil bekas dengan dua kondisi ini sangatlah membuat rugi pemiliknya. Pembeli masih harus menggelontorkan dana untuk aneka perbaikan pada mobil.

Bagi calon pembeli mobil bekas, hendaknya menggali informasi dengan jelas pada penjual. Tanyakan lebih jelas mengapa mobil tersebuit di jual, apa kekurangannya, dan yang paling penting tanyakan apakah mobil pernah alami banjir atau kecelakaan.

“Jadi sebaiknya pembeli menghindari mobil bekas yang pernah alami banjir atau tabrakan,” kata Joni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com