Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Rocky di Malaysia Pakai Mesin Turbo

Kompas.com - 22/01/2020, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky memang baru dijual di Jepang, namun popularitasnya tak bisa dianggap remeh. Banyak konsumen di Asia menantikan kehadiran SUV kecil ini. Dibanding Indonesia, Malaysia malah lebih dulu kehadiran Rocky.

Rocky di Malaysia bakal dilabeli Perodua D55L. Model ini akan memiliki tampilan yang sama persis dengan SUV Daihatsu, sebab Perodua hanya melakukan rebadge.

Sama seperti di Jepang, Perodua pun telah memastikan Rocky di Malaysia akan menggunakan mesin 3-silinder 1KR-VET berkapasitas 1.000 cc turbo yang bertenaga 96 dk dan torsi 140 Nm.

Baca juga: Bocoran Harga Ertiga XL7 Mulai Rp 170 Jutaan, Ini Kata Suzuki

Daihatsu Rocky telah dibekali fitur adaptif cruise controldaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky telah dibekali fitur adaptif cruise control

Hal ini diungkap langsung oleh CEO Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad dalam pemaparan performa Perodua sepanjang 2019, Selasa (21/1/2020).

“Model kami berikutnya akan menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture),” katanya seperti dikutip dari Paultan.

Ia menjelaskan, alasan penggunaan mesin tersebut agar mendapat skema hitungan pajak yang rendah. Dengan begitu mobil lebih terjangkau untuk lebih banyak lapisan masyarakat.

Baca juga: Jangan Cari Gampang, Ini Alasan Kenapa Parkir Mobil Harus Mundur

Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.daihatsu.co.jp Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.

Di samping itu, mesin turbo dipercaya dapat memberikan tenaga yang setara dengan mesin N/A, namun tetap menawarkan efisiensi bahan bakar yang baik, serta emisi yang lebih rendah.

Tak hanya mesin yang serupa dengan model di Jepang, rencananya D55L juga akan mengadopsi fitur keselamatan canggih, berupa sistem mengemudi otonom level 2 seperti yang tersedia di Rocky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com