Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Skuter Listrik Elvindo di Tangerang Resmi Beroperasi

Kompas.com - 11/01/2020, 14:23 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

CIKUPA, KOMPAS.com - Sejak regulasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle), resmi ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), banyak pemain baru yang hadir di Indonesia.

Salah satunya PT Indo Jaya Motor Electric, selaku pemegang merek motor listrik Electric Vehicle Indonesia atau Elvindo, yang hari ini (11/1/2020) resmi mendirikan fasilitas perakitannya di kawasan Cikupa, Tangerang, Banten.

"Hadirnya Elvindo ini akan menipis stigma bahwa harga motor listrik itu mahal. Karena nantinya kami akan menjual dengan lebih terjangkau, jadi tidak hanya akan efesien saja, tapi murah," kata Hengky Wijaya selaku Direktur Utama Elvindo dalam seremoni persemian fasilitas pabrik di Cikupa, Tangerang, Sabtu (11/1/2020).

Baca juga: Supaya Aman, Skuter Listrik Harus Punya Batas Kecepatan

Mengenai produk yang dihadirkan Elvindo, yakni berjenis skutik listrik dengan beragam spesifikasi. Hengky mengatakan akan hadir di pasar Indonesia dengan menawarkan enam model produknya.

Peresmian Pabrik Skuter Listrik ElvindoKOMPAS.com - Stanly Peresmian Pabrik Skuter Listrik Elvindo

Beberapa di antaranya seperti Elvindo Arjuna, Elvindo Veda dan Elvindo Rama yang menggunakan baterai berkapasitas 60V/20A ; 60V/12A dan motor 1.000 W. Sementara untuk Elvindo Bisma mengunakan motor 350 W.

Model pertama yang akan dirilis ke pasar adalah Elvindo Rama, namun saat ini model tersebut masih dalam tahap produksi serta menjalani uji tipe.

Baca juga: Seperti Sepeda, Skuter Listrik di Jakarta Harus Masuk Jalur Khusus

Menurut Komisaris Elvindo yang juga merupakan purnawirawan Irjen Pol Setyo Wasisto, skutik listrik ini nantinya akan dapat beroperasi di jalan umum layaknya motor biasa.

"Kita pasarkan dengan nomor polisi juga, jadi saat ini masih dalam tahap proses uji tipe, sertifikasi, dan laiinnya. Tapi yang pasti nanti Elvindo ini akan punya nomor polisi untuk digunakan di jalan raya," ujar Setyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com