Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Peduli Lingkungan dalam Touring Honda PCX di Bali

Kompas.com - 17/12/2019, 10:12 WIB
Aloysius Gonsaga AE,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tak sekadar menggelar touring bertajuk PCX Luxurious Trip Bali 2019. Produsen sepeda motor asal Jepang ini juga mewujudkan tema "Inspiring The Nation" dengan melakukan kegiatan peduli lingkungan di wilayah sekitar.

Aksi tersebut dimulai dengan konservasi terumbu karang dalam ekosistem laut sekitar Menjangan. Tempat ini (Menjangan) merupakan destinasi terakhir pada hari pertama touring yang melahap jarak 137 kilometer.

Rombongan touring yang diikuti 36 bikers, termasuk 15 wartawan ini, menginap di Menjangan Dynasty Resort pada Sabtu (14/12/2019).

Baca juga: Touring Mewah 400 Km Pakai Honda PCX di Pulau Dewata

Pada Minggu (15/12) pagi sekitar pukul 08.00 WITA, rombongan yang menggunakan motor matik Honda PCX mulai bergerak meninggalkan wilayah pantai Menjangan. Pagi yang cerah itu terasa nikmat karena rombongan melewati deretan hutan bakau ditambah pemandangan lautnya nan biru.

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Tak cuma itu. Mirip perjalanan sehari sebelumnya, rombongan pun bertemu sejumlah hewan, terutama monyet, yang tak terusik oleh keramaian rombongan.

Hewan primata tersebut nampak bergerombol di pinggir jalan hanya sekadar bermain tanpa mengganggu para pengendara yang melintas.

Setelah berkendara selama hampir sekitar dua jam untuk menempuh jarak lebih dari 70 kilometer, rombongan singgah di Pantai Selabih, sekadar menghilangkan penat. Tak lupa melahap makananan ringan plus minum untuk menambah energi.

Dari sana, rombongan menuju wilayah Ubud, tepatnya Bambu Indah Resort yang berjarak sekitar 50 kilometer. Lagi-lagi, sisi kepedulian lingkungan menjadi perhatian touring ini karena di obyek tersebut segalanya berkonsep ramah lingkungan.

Bambu Indah Resort ini memiliki tempat penginapan dan juga rumah makan. Khusus rumah makan, segalanya bersifat organik karena mulai dari sayuran hingga ayam merupakan hasil budidaya sendiri.

Baca juga: AHM Masih Rahasiakan Harga Jual PCX Listrik

Bahkan, pihak Bambu Indah Resort ini pun memiliki usaha pengelolaan sampah menjadi beragam kebutuhan rumah tangga dan sandang.

Gerakan tersebut ingin mengajak masyarakat Indonesia menggunakan peralatan yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah plastik.

Ini yang membuat pihak PT AHM mau terlibat dengan cara memberikan donasi untuk membantu usaha pihak Bambu Indah Resort. Momen penyerahan bantuan itu dilakukan saat kami makan siang di sana.

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Usai melahap makanan sehat, hujan deras mengguyur wilayah Ubud. Namun, semuanya bisa teratasi karena panitia PCX Luxurious Trip Bali 2019 sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan menyediakan jas hujan dan pelindung sepatu bagi semua bikers.

Alhasil, rombongan bisa menembus derasnya hujan dengan kenyamanan berkendara menggunakan Honda PCX. Sekitar pukul 15.30, rombongan sudah tiba di Denpasar kemudian mengunjungi obyek terkenal di Pulau Dewata, Garuda Wisnu Kencana.

Akrtis yang juga presenter, Nabila Putri, sangat terkesan dengan touring kali ini. Diakuinya, rute dan obyek yang dilewati sangat asyik, termasuk kegiatan-kegiatan bertema lingkungan.

"Dibandingkan touring tahun lalu, kali ini rasanya jauh lebih asyik karena rute perjalanannya bervariasi dan melewati hutan dan pantai. Kita bisa melihat pemandangan yang indah," ujar Nabila, yang memang hobi touring.

"Ditambah lagi, kali ini ada kegiatan yang menginspirasi melalui kepedulian pelestarian alam dan lingkungan seperti konservasi terumbu karang dan donasi untuk membantu usaha pengelolaan sampah."

Memang, ini kali kedua PT AHM menggelar touring ke Bali. Pada edisi kedua ini, jumlah peserta lebih banyak dan rutenya pun lebih panjang yakni 393 kilometer yang ditempuh dalam dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com