Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Toyota Avanza Masih Sama, Meski Harga Naik Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 16/12/2019, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Per 11 Desember 2019 yang lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah menaikkan banderol jajaran produknya, karena kenaikan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) DKI Jakarta, dari sebelumnya 10 persen menjadi 12,5 persen.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, mengatakan, kenaikan harga dari beberapa produk telah disesuaikan dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Kisarannya berbeda-beda pada tiap model, Avanza naik Rp 4,1 juta, Rush Rp 5,4 juta, Calya G MT Rp 2,8 juta,” ujar Anton saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jelang 17 Tahun, Ini Harapan Toyota untuk Avanza

New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengahdok TAM New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengah

Harga Avanza pun terpantau meningkat, varian terendah 1.3 E STD yang sebelumnya dihargai Rp 188,6 juta menjadi Rp 192,7 juta. Sementara varian teratas Veloz 1.5 A/T yang dijual dari Rp 239,45 juta, kini menjadi Rp 243,55 juta.

Kenaikan harga produk-produk Toyota seperti Avanza, ternyata tidak mempengaruhi besaran diskon yang diberikan. Terpantau potongan harga yang diberikan oleh dealer masih sama seperti saat November lalu.

“Diskonnya masih sama sekitar Rp 15 juta, tapi untuk sekarang memang sudah makin menipis stoknya untuk yang VIN 2019,” kata Yadi Heryadi, Sales Supervisor Auto2000 GDC Depok, kepada Kompas.com (15/12/2019).

“Rush juga masih diskon sekitar Rp 7 juta, Calya sekitar Rp 5 juta,” ucapnya.

Artinya usai mendapat diskon sekitar Rp 15 juta, kini harga Avanza menjadi Rp 177,5 juta (tipe terendah 1.3 E STD) hingga Rp 228,55 juta (tipe teratas Veloz 1.5 A/T).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com