Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren SUV, Konsumen Avanza Banyak Lari ke Model Ini

Kompas.com - 18/11/2019, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen low SUV atau crossover memang tengah marak setelah meluncurnya Mitsubishi Xpander Cross. Model ini disebut menggabungkan kenyamanan MPV dan ketanggulan ala SUV.

Sebelumnya sudah cukup banyak model yang bermain di segmen ini. Mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, bahkan Nissan pernah mengeluarkan model Livina X-Gear.

Melihat trennya, peminat SUV memang sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diungkap oleh Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, saat berbincang dengan rekan media, pada Minggu (17/11/2019).

Baca juga: Toyota Sebut Bakal Ada Mobil Hybrid Produksi Lokal

Toyota All New Rush Merapah Trans Jawa 4.0KOMPAS.com Toyota All New Rush Merapah Trans Jawa 4.0

“Secara pasar saat ini tren SUV sedang meningkat. Kalau kita lihat sekitar lima tahun lalu kan di sekitar 11-13 persen, sekarang sudah di 17 persen mendekati 20 persen,” ucapnya.

Meski sedang meningkat dan menjadi segmen paling menarik, namun menurut Anton pertumbuhan yang stabil hanya terjadi di kelas SUV tujuh penumpang.

“Segmen SUV memang menarik dan meningkat, tapi SUV yang mana? SUV 7-seater kan, jadi Toyota melihatnya demand paling besar itu 7-seater,” ujar Anton.

Baca juga: Tak Bisa Diremehkan, Ini Peran Penting Komunitas Mobil Bagi Toyota

Toyota Avanza-Xenia Facelift 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza-Xenia Facelift 2019

“Karena yang 5-seater meningkat tapi enggak stabil peningkatannya, hanya 1-2 tahun, kemudian turun lagi. Jadi saya rasa sejauh ini Indonesia, dalam 1-2 tahun ke depan, masih 7-seater mendominasi,” kata Anton.

Menurut Anton, selain daya tampung tujuh penumpang, rupanya konsumen juga mempertimbangkan model yang lebih stylish dan lebih gagah, serta macho. Tak heran karena alasan inilah model Low SUV tengah digemari belakangan ini.

“Memang SUV adalah salah satu pilihannya. Intinya mobil harus punya utilitas, jadi mau bentuknya SUV tapi dari utilitas sempit, tidak bisa 7-seater, saya rasa bukan pilihan konsumen,” ucapnya.

Baca juga: 9 Mobil Toyota Digeber 1.000 Km, Jakarta-Surabaya

Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.TAM Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.

Anton menambahkan, alasan ini pula yang membuat makin banyaknya konsumen Low MPV seperti Avanza yang beralih pindah ke Rush. Istilahnya, konsumen yang meng-upgrade kendaraan turut terdongkrak dengan kemunculan SUV.

“Dari dulu pun sudah banyak, jadi pembeli Rush itu sekitar 40-50 persen merupakan pembeli mobil pertama. Sisanya ada replacement, dari Avanza juga lumayan banyak,” kata Anton.

“Jadi secara natural pembeli Avanza pengin upgrade juga. Tapi selama modelnya 7-seater, modelnya cukup keren, mesinnya cukup, mereka akan beli,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com