Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Bekas Masih Lesu, LCGC Mulai Saingi MPV

Kompas.com - 15/12/2019, 09:43 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya penjualan mobil baru, pasar mobil bekas di Tanah Air sampai menjelang akhir tahun 2019, tidak ada peningkatan berarti. Penjualan mobil bekas diklaim stagnan alias masih sama seperti tahun sebelumnya.

Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan biasanya pasar mobil bekas mengalami peningkatan pada masa-masa menjelang menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Tapi kali ini kelihatannya adem ayem saja nih, tidak ada peningkatan,” ucapnya kepada Kompas.com (14/12/2019).

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Jangan Tergiur Mobil Bekas Harga Miring

Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

“Kalau tahun-tahun sebelumnya ada peningkatan, biasanya karena mau dipakai orang untuk liburan akhir tahun,” kata Herjanto.

Menurutnya, pasar mobil bekas di Indonesia tahun ini tidak lebih baik dibanding tahun 2018. Salah satu penyebabnya karena efek perlambatan ekonomi, yang membuat penjualan beberapa dealer menurun.

“Di tempat-tempat yang besar di Jakarta seperti WTC ini masih lumayan. Tapi kalau di dealer yang kecil, itu memang terasa (menurun), bisa 10 sampai 20 persen,” ujarnya.

Baca juga: Diskon Akhir Tahun Berdampak Negatif pada Bisnis Lelang Mobil Bekas

Ilustrasi kopdar Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) di sebuah dealer ToyotaGridOto.com/Adam Ilustrasi kopdar Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) di sebuah dealer Toyota

Ia menambahkan, mobil bekas terlaris saat ini memang masih berada di segmen MPV atau Low MPV. Namun segmen LCGC ternyata juga tak kalah menarik penjualannya.

“LCGC seperti Calya dan Sigra itu juga lumayan penjualannya, mungkin sebanding dengan Avanza sekarang peminatnya,” ucap Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com