Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Listrik yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 13/12/2019, 09:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia terus mendorong penggunaan mobil listrik. Bahkan, pemerintah menargetkan pada 2025, 20 persen dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia merupakan mobil Low Carbon Emission Vechile (LCEV) termasuk di dalamnya kendaraan listrik.

Target tersebut juga merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 terkait mobil listrik. Perpres itu diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (5/8/2019).

Dalam Perpres tersebut, pemerintah menargetkan pengembangan mobil listrik mencapai 2.200 unit, hybrid 711.000 unit, dan 2,1 juta unit sepeda motor listrik pada 2025.

Berikut ini beberapa model mobil listrik yang pernah dipamerkan di Indonesia

DFSK Glory E3, SUV listrik dari China di IEMS 2019 DFSK Glory E3, SUV listrik dari China di IEMS 2019

1. DFSK Glory E3

PT Sokonindo Automobile ( DFSK Motors) memperkenalkan mobil listrik Glory E3. Mobil listrik ini diklaim sangat hemat. Ricky Humisar Siahaan, Deputy Product Division Head PT Sokonindo Automobile, menjelaskan, Glory E3 memiliki kapasitas baterai sebesar 52,56 kWh.

Dengan kapasitas sebesar itu, Glory E3 mampu menempuh jarak hingga 405 km.

"Jarak dari Jakarta ke Semarang itu sekitar 400 km. Artinya, dengan baterai yang terisi penuh, Glory E3 mampu mencapai Semarang. Tentunya, dengan kecepatan yang konstan," ujar Ricky, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Selasa (23/7/2019).

Ricky menambahkan, jika membeli token atau listrik prabayar PLN, Rp 100.000 akan mendapat sekitar 66 kWh. Berarti, cukup untuk mengisi penuh baterai dari Glory E3. Bahkan, masih ada sisa untuk keperluan listrik rumah lainnya. Jauh lebih efisien dibanding mesin yang mengkonsumsi bahan bakar.

Baca juga: Tes Singkat SUV China Berteknologi Listrik, DFSK Glory E3

2. Nissan Leaf

Nissan Leaf, Mobil Listrik Nissan Nissan Leaf, Mobil Listrik Nissan

Nissan berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan di Indonesia. Pabrikan Jepang ini bahkan tak menutup kemungkinan untuk menghadirkan mobil elektrifikasi dengan harga bersahabat.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi, telah memastikan bakal meluncurkan dua model kendaraan elektrifikasi pada 2020 mendatang.

“Jadi Nissan sudah bertransformasi ke teknologi mobil listrik, salah satu produk kami yang benar-benar full elektrik seperti Nissan Leaf,” ujarnya di sela-sela acara Nissan di Balikpapan, Kamis (5/12/2019).

“Dan tentu kami sedang merencanakan produk lain ke Indonesia, tapi kami juga kenalkan teknologi lewat E-Power, yang merupakan bentuk baru dari EV,” kata Sekiguchi.

Baca juga: 4 Keunggulan Mobil Listrik Nissan Leaf

3. Tesla Model 3

Mobil listrik Tesla Model 3.Ist Mobil listrik Tesla Model 3.

Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla juga tidak ingin ketinggalan memasarkan produknya di Indonesia. Ada beberapa model yang dipasarkan di Indonesia. Salah satunya adalah model Model 3.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com