Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Truk ODOL Mulai Dirazia | Kawasaki Ninja 250 4-Silinder Bakal Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 30/11/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk yang berlebihan muatan atau ODOL mulai banyak dirazia oleh petugas. Salah satunya, di jalan Tol BSD. Total puluhan truk harus ditilang karena melanggar aturan soal kapasitas.

Selain itu, Kawasaki Indonesia juga sudah memastikan bahwa Ninja 250 4-Silinder akan meluncur di pasar roda dua nasional. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Jumat 29 November 2019:

1. Pasar LSUV, Honda BR-V Mulai Tinggalkan DFSK Glory 560

Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengahkompas.com Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengah

Kendaraan di segmen low sport utility vehicle ( LSUV) terus menunjukkan peningkatan penjualan. Meski secara perolehan volume bulanan tidak begitu gemilang, namun selama Januari-Oktober 2019 ada pertumbuhan tipis 0,5 persen dari tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), kontribusi penjualan SUV di pasar domestik mencapai 17,4 persen atau 147.832 unit.

Adapun penguasa pasar sementara masih dipegang oleh Toyota Rush dengan capaian 52.353 unit, disusul Daihatsu Terios (19.756 unit) dan Honda HR-V (17.336 unit).

Baca juga: Pasar LSUV, Honda BR-V Mulai Tinggalkan DFSK Glory 560

2. AP Honda Luncurkan Monkey Edisi Dragon Ball, Terbatas 100 Unit

Honda Thailand meluncurkan Monkey x Dragon BallKompas.com/Donny Honda Thailand meluncurkan Monkey x Dragon Ball

Honda Thailand (AP Honda) bekerja sama dengan TOEI Animation, pemegang lisensi dari Dragon Ball. Kerja sama ini menghasilkan motor Monkey 125 edisi spesial dan juga terbatas.

Motor ini diluncurkan pada ajang Thailand International Motor Expo (Motor Expo) 2019, Kamis (28/11/2019), di IMPACT Challenger, Muang Thong Thani, Thailand. Pengerjaannya sendiri dilakukan oleh rumah kreasi CUB House.

Shigeto Kimura, Presiden Direktur AP Honda, mengatakan, dipilihnya Monkey karena banyak konsumen yang menyukai motor ini untuk di-custom. Selain itu, jika diingat lagi, Dragon Ball sendiri pernah menampilkan motor sejenis Monkey yang dikendarai oleh Kamesennin, pada komiknya yang edisi ke-28.

Baca juga: AP Honda Luncurkan Monkey Edisi Dragon Ball, Terbatas 100 Unit

3. Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia di Tol BSD

Truk terjaring ODOL di Tol BSD Truk terjaring ODOL di Tol BSD

Beberapa badan usaha jalan tol mulai rutin melakukan operasi gabungan untuk menindak kendaraan berat yang Over Dimension Over Load ( ODOL). Hal ini dilakukan sebagai langkah mempercepat program "Zero ODOL" yang dicanangkan Kementerian Perhubungan ( Kemenhub).

Contohnya seperti operasi gabungan yang digelar oleh PT Margautama selaku pengelola Tol Bintaro Serpong Damai ( BSD). Bersama-sama dengan kepolisian serta Dinas Perhubungan (Dishub), selama dua hari sudah ada puluhan truk ODOL yang terjaring dan dikenakan sanksi.

"Operasi ini memang kita gelar untuk mencegah truk ODOL, kita libatkan beberapa pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan berat. Sampai saat ini kita masih rekap datanya, tapi yang pasti sudah lebih dari 10 unit yang kena sanksi oleh kepolisian," ujar Manajer Operasional PT BSD Tol Panji Rahman, ketika berbincang dengan Kompas.com, di Rest Area KM 7 Tol BSD, Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia di Tol BSD

4. Komunitas BMW M-Series Kawal Peluncuran Pesawat Garuda Indonesia

Komunitas BMW MOCI ramaikan peluncuran armada baru Garuda, Airbus A330-900 Neo.Istimewa Komunitas BMW MOCI ramaikan peluncuran armada baru Garuda, Airbus A330-900 Neo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com