Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2019, Jepang

Ramai Kampanye Mobil Listrik, Toyota Perkenalkan Sedan Fuel Cell Gen2

Kompas.com - 23/10/2019, 14:32 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Meski bukan berbasis mobil listrik murni, Toyota tetap bersemangat memperkenalkan sedan beremisi nol (zero-emission), Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) pada Tokyo Motor Show, (24 Oktober - 4 November 2019), di Megaweb, Tokyo, Jepang.

Mirai generasi kedua ini diklaim memiliki beragam ubahan yang cukup besar. Antara lain, perpaduan desain sporti elegan, ruang lebih lega, jarak tempuh makin jauh, pengendalian, dan lebih nyaman.

"Kami berupaya membuat mobil ini lebih menyenangkan untuk dikendarai konsumen, mobil dengan ikatan emosional dan atraktif desain serta punya aura dinamis dengan performa yang lebih responsif, sehingga siapa pun yang mengemudikannya bisa tersenyum," kata Yoshikazu Tanaka, Chief Engineer of the Mirai, dalam keterangan resminya (11/10/2019).

Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com / Aris Harvenda Tokyo Motor Show 2019
Mirai generasi kedua ini telah menggunakan platform TNGA seperti yang diapakai C-HR. Desain sporti yang kental tertangkap dari gaya kap (bonet) panjang. Kendati demikian masih tetap mempertahankan porsi elegan sebuah sedan mewah dari lekukan body yang membulat. Pemilihan pelek diameter 20 inci membuat Mirai terbaru terlihat lebih kokoh.

Beranjak ke kabin, Mirai mempersembahkan desain dasbor serta instrumen panel yang simpel namun sarat dengan kesan modern, canggih dan tentunya nyaman. Pada tengah dasbor terdapat layar 12,3 inci dengan ragam informasi.

Interior Toyota Mirai Generasi Keduatoyota Interior Toyota Mirai Generasi Kedua

Penggunaan platform TNGA pada Mirai generasi kedua ini diklaim berefek pada bodi lebih kaku sehingga mobil lebih mudah diajak manuver. ground clearence yang lebih rendah diklaim membuat Mirai lebih stabil dan mantap dikemudikan.

Pembaruan sistem FCEV pada Mirai membuat sedan emisi 0 ini memiliki daya jelajah 30 persen lebih jauh dari model sebelumnya ( dari 502 km menjadi 652 km). Kemampuan tersebut tentunya disumbang dari kapasitas penyimpanan hidrogen yang lebih besar.

Sebagai tambahan informasi, sejak diluncurkan pertama kali 2014, Mirai sudah terjual 10.000 unit di pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com