Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lamborghini Aventador Raffi Ahmad yang Terbakar

Kompas.com - 20/10/2019, 08:03 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad terbakar di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019). Kejadian ini membuat nama Aventador kembali jadi bahan perbincangan netizen

Lamborghini Aventador merupakan mobil sport yang meluncur perdana di Genewa Motor Show 2011.

Aventador merupakan penerus Lamborghini Murciélago yang sempat menjadi tulang punggung penjualan merek mobil super asal Italia tersebut.

Baca juga: Body Kit Lokal Buat Lamborghini Aventador Meluncur di IMX 2019

Aventador memiliki kode LB834. Mobil ini punya tiga varian, pertama yaitu Aventador LP 700-4, kemudian Aventador LP 700-4 Roadster pada 2013, dan Aventador LP 750-4 SV atau Super Veloce pada 2015.

Kolase mobil Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad. Instagram raffinagita1717/ist Kolase mobil Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad.

Aventador menggunakan mesin baru Lamborghini, memiliki spesifikasi V12 dengan sudut 60 derajat, berkubikasi 6.5 Liter. Mesin dengan berat 235 kg ini mampu menghasilkan 690 tk.

Baca juga: Puluhan Lamborghini Keliling Pulau Dewata

Mesin Aventador memiliki kode L539. Mesin ini merupakan mesin V12 kedua Lamborghini. Mesin V12 pertama dipakai di Lamborghini 350GT (1964 sampai 1966) dengan spesifikasi V12 3,5 liter.

Performa dari diam sampai 97 kpj diraih dalam 2,9 detik, sedangkan 0-400 meter hanya dalam 10,6 detik. Lamborghini mengklaim di atas kertas mobil sanggup mencapai kecepatan puncak 350 kpj.

Lamborghini Aventador S RoadsterKOMPAS.com / Aditya Maulana Lamborghini Aventador S Roadster

Seperti diberitakan sebelumnya, Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad ludes terbakar. Dikabarkan mesin mobil super kencang itu mengalami masalah overheat atau dimana kondisi mesin terlalu panas.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan mesin kendaraan menjadi terlalu panas. Masalah yang biasa terjadi karena terjadi malfungsi pada sistem pendingan mesin.

Dugaan awal sumber api berasal dari bagian belakang, dimana dapur pacu Aventador berada di belakang.

Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019

Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Motors, importir umum yang biasa menjual supercar seperti Lamborghini Aventador ini mengatakan, untuk mengetahui penyebab terbakar harus melalui general check up yang panjang.

Saat dihubungi Kompas.com, Rudy menegaskan, Aventador milik Raffi yang terbakar itu tidak dibeli dari showroom miliknya.

Harga Aventador ini juga termasuk kategori mahal. Aventador generasi pertama bisa dibanderol di Indonesia sebesar Rp 6 miliar. Sementara keluaran terbaru dipasang harga sebesar Rp 11 miliar.

Harga tersebut pastinya masih berstatus off the road atau belum termasuk pajak, yang membuat mobil super asal Italia tersebut legal berada di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com