Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Operator Angkutan Umum Komitmen Pakai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 02/09/2019, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan, sudah ada empat perusahaan di sektor transportasi berkomitmen menggunakan kendaraan bermotor listrik.

“Beberapa operator transportasi yang sudah bersepakat untuk menggunakan kendaraan listrik diantaranya adalah Blue Bird, Gojek, Grab, dan Transjakarta," kata Budi dalam keterangan resmi saat menghadiri “Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik” di Silang Monas, Sabtu (31/8/2019).

Baca juga: Komentar Luhut Panjaitan usai Jajal Motor Listrik Gesits

Menhub mengatakan, mengapresiasi respons yang baik dari para pelaku usaha di sektor transportasi. Dia juga mendorong operator lain di bidang angkutan umum mengikuti langkah yang sudah ada.

Menteri Perhubungan Budi Karya SumadiFoto: Kemenhub Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

"Saya minta operator yang lain untuk mengikuti,” ucap Menhub. “Kami berupaya agar angkutan umum segera beralih kepada angkutan listrik,” katanya.

Kemenhub katanya, saat ini telah menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada operator tersebut baik fiskal maupun non fiskal.

“Salah satu insentifnya seperti parkir gratis, pembebasan ganjil genap, dan daerah memberikan pengurangan pajak kendaraan,” katanya.

Untuk itu, Menhub meminta para pelaku usaha sektor transportasi untuk mengkomunikasikan kepada Kemenhub jika ada hal-hal yang masih menyulitkan untuk dicarikan jalan keluarnya.

“Bapak Menko Maritim mengatakan tanggal 8 September kita akan rapat koordinasi. Operator, industri dan pengguna kita undang. Kita bahas sama-sama apa yang menjadi kemudahan-kemudahan yang harus dilakukan, sehingga ini jadi kongkret,” jelas Menhub.

Terkait bus listrik Transjakarta, Menhub mengatakan komitmennya bahwa dalam waktu dekat ini akan sudah beroperasi di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com