Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Proton Persona, Mobil Mahathir yang Ditumpangi Jokowi

Kompas.com - 11/08/2019, 07:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang unik dalam kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Malaysia. Menjelang solat Jumat di salah satu masjid di Putrajaya, Jokowi disopiri langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir.

"Jumat siang di Malaysia, diajak semobil bersama Perdana Menteri Tun Mahathir Mohamad dari lokasi pertemuan bilateral ke Dining Hall di Putrajaya. Mobilnya Proton Persona berkelir merah," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Twitter, Jumat (9/8/2019).

Lahir pada tahun 2007, Proton Persona merupakan mobil sedan kompak produksi perusahaan mobil Malaysia. Persona aslinya didesain dari model Proton Gen-2. Nama Persona sendiri dipilih untuk menggantikan Proton Wira.

Baca juga: Proton Belum Kapok Jualan di Indonesia

Persona dilengkapi dengan mesin empat silinder DOHC CamPro IAFM yang menyimpan tenaga sebesar 110 tk dan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm. Mobil yang disebut juga dengan Persona ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Proton Persona Elegancecommons.wikimedia.org Proton Persona Elegance

Untuk dimensinya, Persona didesain dengan panjang 4.362 mm, lebar 1.722 mm, tinggi 1.544 mm, serta jarak sumbu roda 2.555 mm.

Salah satu fitur unggulannya adalah mampu menyalakan mesin hanya dengan menekan tombol. Varian tertinggi Persona dibekali juga dengan teknologi perintah suara.

Baca juga: Proton Mau Jualan Lagi di Indonesia

Fitur keselamatannya tak kalah lengkap, Persona dilengkapi enam airbag, antilock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), electronic stability control (ESC), traction control, hill hold assist, dan lainnya.

Di Malaysia, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari RM 42600 atau sekitar Rp 145 juta, hingga RM 54600 atau sekitar Rp 185 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com