Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FP2 Motor Rossi ''Jebol'' Keluarkan Asap Biru

Kompas.com - 03/08/2019, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BRNO, KOMPAS.com - Valentino Rossi mengatakan senang bisa kembali ke atas motor setelah beberapa waktu lalu jeda musim panas. Namun sial, Yamaha M1 The Doctor mengalami masalah saat sesi latihan bebas FP2 GP Brno.

Motor Rossi mengalami kendala teknis saat di tengah trek. Motor mengeluarkan asap kebiruan yang cukup pekat dari knalpot. Rossi yang mengetahui hal ini tidak lantas memarkirkan motor tapi justru  membawa balik ke pit lane.

Baca juga: Yamaha Lebih Manusiawi Ketimbang Honda

"Saya mengalami masalah dengan salah satu mesin saat latihan. Mesin yang bermasalah itu adalah mesin tua yang sudah punya kilometer sangat banyak," kata Rossi lansir Crash.net, Sabtu (3/8/2019).

Valentino RossiFoto: Twitter Valentino Rossi

Rossi mengatakan, alasan dia tidak memarkir motor dan justru membawanya balik ke pit lan kendati motor berasap karena ia tidak melihat ada ceceran oli. Sehingga menurutnya relatif aman motor dibawa jalan balik ke pit. 

"Untungnya saya menarik kopling sebelum mesinnya rusak. Saya merasakan mesin drop. Tapi ketika Anda bisa cukup cepat menarik kopling, momen sebelum mesin pecah biasanya tidak kehilangan banyak oli," katanya. 

Baca juga: Quartararo Terdepan di FP2, Marquez Konsisten di GP Ceko

Kemudian Rossi mulai melihat ke bagian belakang, melihat apakah ada oli yang tercecer tapi hanya asap. Dia kemudian mencoba menjauh sebisa mungkin dari trek, karena biasanya ada minyak di bagian rantai.

Saya memeriksa kedua sisi dan saya melanjutkan (sampai paddock) untuk alasan ini. Sebenarnya saya baru saja memindahkan ban ke motor lain dan kami mulai lagi karena saya tidak punya masalah," kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com