Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Truntung Ini Pernah Ditawar Rp 50 juta

Kompas.com - 27/04/2019, 16:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Dang Sani Irmansyah (50) tidak akan menyangka mobil kesayangannya Suzuki Carry ST20 akan keluar sebagai jawara kontes Legenda Carry yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Mobil produksi 1981 tersebut bahkan menghiasi lantai pameran Suzuki di ajang Telkomsel Indoesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung hingga 5 Mei mendatang.

Dang yang tinggal di Garut menceritakan kendaraan tersebut dulu digunakan untuk melakukan usaha antar gas elpiji. Namun karena merasa sayang dengan pikap Suzuki tersebut, Dang memensiunkan ST20 pada 2018 lalu.

Dang menceritakan mobil ini adalah milik kakaknya yang juga digunakan untuk usaha. Ketika itu dia mendapati ST20 masih bekerja dengan baik terutama mesin dua tak LJ50 539 cc nya.

"Perawatannya tidak susah. Saya hanya bawa ke PT IB Mobil Garut. Mobilnya masih kuat, kadang saya pakai ke kantor yang jaraknya 15 kilometer dari rumah. Tidak ada masalah," ucap Dang yang ditemui Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Pikap Carry ST20 Jadi Legenda Suzuki

Dang juga mengomentari, sebagai mobil untuk pengusaha dia merasakan tidak pernah kesulitan dengan suku cadang ataupun perawatan mobil kesayangannya tersebut. ST20 itu jadi bagian cerita nostalgia saat SMA karena mudah untuk dikendarai.

"Perawatannya saya servis rutin setiap tiga bulan sekali. Cat dan lainnya masih asli karena saya rawat," ucap Dang.

Status mobil klasik ini membuat ST20 milik Dang sering diberhentikan orang di jalan. Mereka menawar pikap klasik tersebut bahkan ada yang berani sampai Rp 50 juta.

Beruntung Dang tidak melepas Carry ST20 miliknya. Ini karena Dang dinobatkan sebagai juara kontes dan berhak mendapatkan satu unit New Suzuki Carry yang baru saja meluncur.

Spesifkasi ST20 Truntung Carry

Mesin : LJ50 539 cc 2 tak
Bore Stroke : 61,0 x 61,5 mm
Sistem bahan bakar : Karburator
Transmisi : Manual 4 percepatan
Jarak sumbu roda : 1.840 mm
P x L x T : 3.195 mm x 1.395 mm x ?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com