Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar M Fadli Soal Layout Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 12/04/2019, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia resmi masuk dalam daftar peserta tuan rumah penyelenggara MotoGP pada 2021. Balapan ini berlangsung di lokasi baru, sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang saat ini dalam proses pembangunan.

Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP juga sudah merilis layout dari sirkuit Mandalika. Sirkuit ini akan menggunakan konsep street race. M Fadli Immammudin, mantan pembalap nasional, mengungkapkan pendapatnya soal layout sirkuit Mandalika.

Baca juga: Siap-siap, Nonton Kebut-kebutan di Lintasan Surga Mandalika!

"Bagus banget, walaupun sirkuit jalan raya tapi sarat dengan safety, karena ada gravel-nya, ada run off area. Saya rasa para pembalap MotoGP akan senang, karena ini jadi pengalaman pertama buat mereka di street race," ungkap M Fadli, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.motogp.com Layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.

M Fadli berharap proyek ini berjalan lancar sampai 2021. Tapi yang paling diharapkannya, setelah event MotoGP pun perawatannya harus dijaga. Agar bisa dipakai oleh pembalap Indonesia.

Baca juga: Prediksi Wujud Sirkuit Mandalika untuk MotoGP

"Saya juga berharap Sentul bisa direnovasi lagi. Walau bagaimana pun sirkuit ini tetap sirkuit yang legend, seluruh indonesia mungkin taunya sirkuit Sentul," ujar M Fadli.

Sirkuit dengan konsep street race digunakan di sirkuit Monako dan Marina Bay Street di Singapura. MotoGP tidak menggunakan kedua sirkuit tersebut karena jarak antara dinding dengan sirkuit terlalu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com