Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Pertahankan Tampilan Wagon R

Kompas.com - 26/03/2019, 12:53 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan dalam waktu dekat ini tidak akan ada penyegaran tampilan Karimun Wagon R. Model yang bermain di segmen low cost green car (LCGC) itu dianggap masih cukup diterima oleh masyarakat, apalagi pasar ekspor.

4W Deputy Director PT SIS Setiawan Surya mengatakan, penyegaran disesuaikan dengan kondisi pasar, selain domestik juga kebutuhan di negara tujuan ekspor, seperti Pakistan.

"Kecuali Pakistan mau, tentunya akan kita coba penuhi. Tetapi saya pastikan tidak ada dalam waktu dekat ini," kata Setiawan ketika berbincang dengan Kompas.com pekan lalu di kawasan Jakarta Selatan.

Direktur Penjualan PT SIS Makmur juga mengatakan hal seperti itu. Menurut dia meski di India sudah mengalami penyegaran, tetapi pasar di Tanah Hindustan dengan Indonesia tidak sama.

Baca juga: Alasan Karimun Wagon R Lebih Laris di Luar Indonesia

"Jadi tidak melulu di India sudah baru, di sini (Indonesia) juga akan baru. Selera konsumennya juga berbeda-beda," kata Makmur di tempat sama usai peluncuran Ertiga Sport.

Menurut Makmur, Indonesia sendiri merupakan pilar ketiga Suzuki di dunia setelah Jepang, dan India. Oleh sebab itu, setiap negara memilki spesifikasi produk sendiri-sendiri.

Wagon R sendiri di Indonesia bermain di pasar mobil murah ramah lingkungan. Kondisi itu yang membuat setiap ada pembaruan atau perubahan harus melalui tahap diskusi dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com