Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Auto2000 Jatim Siapkan Strategi Lawan Xpander

Kompas.com - 21/03/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Hadirnya Mitsubishi Xpander diakui mengganggu penjualan Avanza di Jawa Timur, terlebih pada 2018 lalu. Meski saat ini Avanza kembali memimpin, namun tetap harus ada strategi untuk mempertahankannya.

Menurut Hasan, Kepala Cabang Auto2000 HR Muhammad Surabaya, pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi untuk menjaga pasar Avanza dan Veloz di wilayahnya, baik dari serangan Xpander maupun low multi purposes vehicle (LMPV) lain.

"Saat Xpander keluar, itu memang sangat menggangu sekali, menggangu tidurnya Avanza. Jadi kita sudah siapkan empat strategi difensif untuk (membendung) Xpander," kata Hasan kepada media di Surabaya, Rabu (20/3/2019).

Baca juga: Avanza dan Veloz Kembali Mendominasi Jawa Timur

Empat strategi yang akan diterapkan adalah memberikan kemudahan bagi konsumen maupun calon konsumen dalam memiliki Avanza dan Veloz baru. Tentunya dengan tawaran yang menguntungkan, seperti program tukar tambah, kemudahan angsuran, uang muka rendah, dan juga balloon payment.

Untuk trade in, Hasan menjelaskan, saat ini Auto2000 memberikan kemudahan konsumen untuk menukar tambah Avanza lama dengan Avanza baru. Bahkan dilengkapi dengan subsidi menaikkan harga Avanza lawas sebesar Rp 5 jutaan.

"Kami menyasar pasar Avanza karena marketnya sendiri sudah sangat besar, jadi tidak perlu lihat merek lain. Avanza sendri sudah beredar dari 2004 sampai 2018, jadi ini menjadi cara kami memberikan kepada loyal customer untuk mengganti yang baru," kata Hasan.

New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)
Selain itu, Auto2000 juga memberikan keistimewaan bagi pemilik Avanza lama yang masih mencicil dengan cara menarik unit dan menggantikannya Avanza baru. Kondisi ini bisa dilakukan dengan cicilan yang sama tapi disesuaikan kembali tenornya. Sementara untuk uang muka, Auto2000 memberikan keringanan hingga 15 persen.

Baca juga: Bukan Cuma Toyota, Auto2000 Juga Terima Servis Lexus

Terakhir sistem baloon payment dengan uang muka 20 persen. Sistem kredit ini dilakukan menyesuaikan besaran cicilan dan kemampuan konsumen dalam janga waktu tertentu, dengan demikian konsumen bisa mengangsur dengan nominal lebih terjangkau dan sisa hutangya dilunasi belakangan.

Untuk melunasi sis hutan di akhir, Hasan menjelaskan biasanya akan diberikan pilihan kepada konsumennya. Pertama menjual unit Avanza ke Auto2000 dengan hasil yang digunakan kembali untuk mencicil unit baru, atau digunakan langsung melunasi sisa hutang dari cicilan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com