Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Countryman Jadi Harapan Baru Mini di Indonesia

Kompas.com - 10/03/2019, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini, Mini 3-Door menjadi varian terfavorit di keluarga Mini yang dipasarkan di Indonesia. Secara penjualan, model ikonik ini paling digemari dan menjadi penyumbang terbesar dibandingkan yang lain.

"Paling besar memang 3-Door, baik di Jakarta, Surabaya, dan sekarang di Bandung. Secara desain memang jenis ini yang paling identik dengan Mini, jadi hal tersebut yang membuatnya cukup laris," kata Joe Surya selaku President Director PT Maxindo International Nusantara Indah di Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Meski penjualannya masih terus meningkat, namun sebenarnya Mini memiliki Countryman atau jenis lima pintu yang datang sebagai model entry level di keluarga Mini. Varian Mini ini justru yang saat ini paling diandalkan karena dari sisi harga jauh lebih terjangkau sejak dirakit di Indonesia.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Mini 3-Door Black Edition

Tidak hanya itu, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania, menjelaskan bahwa Countryman dirakit di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan penggemar Mini. Dengan kemampuan yang dimiliki dan harga yang kompetitif, harapannya pemilik Mini bisa tetap mengendarai mobil favoritnya.

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

"Secara spesifikasi Countryman memang dibuat untuk menjadi mobil yang bisa digunakan sehari-hari bagi penggemar Mini. Karena itu target konsumennya sebenarnya cenderung ke penggemar Mini yang sudah dewasa, atau yang ingin menikmati Mini dengan keluarganya," ucap Jodie.

Dari segi harga, Mini Countryman rakitan lokal memang lebih murah dibandingakn versi CBU, perbedaan harganya bisa mencapai Rp 65 juta sampai Rp 96 juta. Menariknya, saat resmi dirakit lokal beberapa waktu lalu, Jodie juga sempat mengatakan bila secara fitur Countryman rakitan lokal memiliki fitur yang lebih lengkap.

Mobil New Mini Cooper Countryman rakitan lokal terlihat di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Mobil New Mini Cooper Countryman rakitan lokal terlihat di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

Baca juga: Mini Intip Peluang Buka Diler Resmi di Bandung

Kondisi ini dikarekan terjadi penekanan biaya produksi sehingga dari segi dana bisa dialokasikan dengan menambahkan fitur-fitur canggih. Contohnya seperti head-up display, tampilan ekterior, hingga penambahan kapasitas mesin, terutama untuk Tipe S.

"Paling penting lagi, dengan dirakit lokasl di Indonesia, dari segi kemudahan memiliki unit konsumen jauh lebih mudah. Tak perlua lagi menunggu lama produk CBU, sehingga masa tunggu atau inden bagi konsumen bisa lebih singkat. Secara kelebihan memang banyak, karena itu peru kita sosialisasikan lagi soal Countryman ini," ucap Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com