Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Modifikasi Bentuk Kabin Selama Perjalanan Jauh

Kompas.com - 29/12/2018, 08:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara ke luar kota bisa jadi pilihan pemilik kendaraan selama libur panjang Natal dan tahun baru. Tidak terkecuali berkendara di ruas tol yang sudah diresmikan.

Namun ada beberapa kebiasaan pemilik kendaraan, terutama yang berpergian bersama keluarga dan anak kecil, kerap memodifikasi kendaraannya.

"Biasanya mereka memodifikasi kabin kendaraan, dengan menggelar tempat tidur selama perjalanan. Biasa ini agar si anak nyaman," ucap praktisi keselamatan dari Safety Driving Sony Susmana saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Sony menjelaskan, ubahan kondisi kabin ini dapat membuat efek yang tidak diperkirakan apabila kendaraan terlibat kecelakaan. Bisa jadi justru perubahan kabin ini menimbulkan kecelakaan yang lebih parah, bisa malah fatal.

Baca juga: Viral Video Kecelakaan di Tol, Ingat Berkendara Aman di Perjalanan

Sony menyarankan, meski masih anak-anak, tetap wajib duduk di jok kendaraan dengan baik dan benar. Maksudnya, duduk tenang dengan menggunakan sabuk pengaman meski di baris kedua.

Jika anak terlalu kecil, car seat bisa jadi solusi. Penggunaannya sudah dianjurkan oleh produsen kendaraan.

"Soal lelah, pengemudi bisa mengatur perjalanan serta komunikasikan dengan seluruh anggota keluarga untuk menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Atur waktu untuk bergantian menyetir dan berisitriahat di rest area," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com