Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Kecelakaan di Tol, Ingat Berkendara Aman di Perjalanan

Kompas.com - 27/12/2018, 08:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan yang terekam CCTV tengah viral di media sosial Indonesia. Kecelakaan yang terjadi di ruas tol Ngawi-Wilangan KM 610+200 Saradan, Madiun tersebut melibatkan satu kendaraan.

SUV Fortuner nampak tengah melewati tol dalam kondisi hujan. Sepersekian detik kemudian kendaran tersebut oleng ke kiri, hingga kemudian menabrak pembatas hingga terpelanting ke udara dan akhirnya berhenti di tengah jalur tol.

Dari keterangan yang beredar, kecelakaan pada Fortuner B 1724 SJN tersebut, mengakibatkan korban satu orang meninggal dunia dan dua orang kritis. Diduga kecelakaan ini terjadi karena pecah ban.

Kecelakaan di ruas tol ini bisa jadi dapat terulang bila pengemudi tidak memiliki sikap waspada terhadap sekitarnya. Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana berjalan di jalan tol membutuhkan kewaspadaan ekstra karena kondisi jalan yang konstan dan lingkungan yang dianggap terpantau aman.

Baca juga: Pesan Jasa Marga Bagi Pengguna Ruas Tol Trans Jawa

“Perhatikan kondisi lingkungan jalan tol di setiap wilayah yang akan dilalui. Baik perubahan cuaca yang kadang ekstrem, kelembapan udara, maupun angin yang berpotensi mengganggu keseimbangan mobil,” ucap Sony saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Meski masih dugaan akibat pecah ban, kondisi jalan basah yang terjadi saat kejadian juga bisa menjadi faktor kecelakaan di atas. Terlebih bila pengendara tidak mengurangi kecepatan dalam kondisi jalan basah akibat hujan.

Peristiwa pecah ban sendiri bisa diakibatkan karena kurangnya tekanan udara pada ban. Ini termasuk dalam pencegahan kecelakaan dengan memeriksakan kondisi ban sebelum berpergian.

“Apabila jarak pandang sudah pendek, jangan memaksakan diri. Kurangi kecepatan dan cari tempat berhenti yang aman atau tempat peristirahatan,” ucap Sony.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???? ???? ???? ???? ???? ???? _???? ???? (@riweuh_id) on Dec 26, 2018 at 12:59am PST

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com