Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Gesits Diklaim Minim Perawatan

Kompas.com - 22/11/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits merupakan skuter listrik yang dikembangkan oleh anak bangsa. Kandungan lokal pun diklaim sudah mencapai lebih dari 80 persen, karena berbagai komponen dibuat oleh perusahaan lokal.

Sejatinya, sebagai skuter listrik dari sisi perawatan diklaim cukup minim. Menurut CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech, tidak perlu melakukan servis berkala seperti motor konvensinoal, misalnya mengganti oli dan lain sebagainya.

"Cukup update software saja, perawatannya juga hanya jangka waktu lama seperti ganti kampas rem dan belt saja, kalau oli dan lainnya kan tidak pakai," ujar Harun kepada Kompas.com di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018).

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Peluncuran Skuter Listrik Gesits

Memperbaharui perangkat lunak itu sendiri, lanjut Harun cukup menggunakan koneksi internet. Dia memberikan contoh sederhana, yaitu seperti update software pada ponsel.

"Jadi nanti setiap berapa bulan sekali atau tahun ada update. Cuma itu saja, selebihnya sangat minim sekali perawatannya," kata Harun lagi.

Isi Ulang Baterai

Skutik listrik Gesitsdok. Garansindo Skutik listrik Gesits

Proses pengisian baterai, kata Harun juga cukup mudah karena telah bekerjasama dengan Pertamina. Jadi, ketika mau habis akan muncul peringatan dan bisa diganti di tempat yang sudah tersedia.

"Jadi seperti kita beli galon atau tabung gas elpiji. Nanti di ponsel yang ada di kita itu akan ada petunjuk kita bisa beli di mana, jadi tidak harus mengecas dan tentunya murah sekali," kata Harun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com