Apakah Honda Siapkan Dua Mesin Berbeda untuk Brio?

Kompas.com - 20/10/2018, 15:34 WIB
All New Honda Brio diklaim masih memberikan performa mumpuni meski terdapat perubahan fisik dari generasi terdahulu HondaAll New Honda Brio diklaim masih memberikan performa mumpuni meski terdapat perubahan fisik dari generasi terdahulu

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Brio sudah hadir secara resmi sejak Agustus lalu. Beberapa ubahan membuat city car ini layak dilirik konsumen mobil kecil di Indonesia.

Meski sudah memberikan ubahan di beberapa sektor, mesin tetap menggunakan mesin 1.200 cc i-VTEC yang digunakan pada Brio terdahulu. Berstatus produk LCGC dan city car, mengapa Honda tidak memberikan mesin yang berbeda untuk keduanya seperti 1.400 cc atau 1.300 cc seperti yang pernah ada pada Brio sebelumnya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengungkapkan perbedaan mesin malah akan membuat konsumen memilih produk di atas Brio, yakni Jazz.

" Brio RS itu setelah dilihat profil konsumennya untuk pembeli yang punya uang lebih, kenapa tidak beli yang lebih tinggi. Itu saja. Kalau kami beri mesin berbeda, calon konsumen akan upgrade ke Jazz," ucap Jonfis saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca juga: Komponen Lawas yang Masih Digunakan pada Brio Terbaru

Jonfis mengibaratkan konsumen dengan gaya memilih telepon genggam. Kosumen yang memiliki uang lebih banyak tentu akan membeli produk flagship atau setingkat di atas produk tersebut.

Large Project Leader All New Brio, Honda R&D Asia Pacific Co Ltd, Tsutomu Harano melihat ide pembeda ini sebagai proses pengembangan Brio ke depannya.

"Secara pribadi saya sependapat (soal perbedaan mesin), tapi kami ingin menjadikan ini kejutan saja ke depannya. Seperti apa perkembangan Brio karena kedepannya produk ini akan terus tumbuh. Belum tahu apakah akan dijadikan 1,4 liter atau 1,2 liter atau lainnya," ucap Harano.

All New Brio meski dibedakan untuk LCGC dan city car, saat ini diberikan fitur yang sama antara lain ABS dan EBD, struktur keselamatan G-CON + ACE serta dual front i-SRS Airbag dengan sistem sabuk keselamatan pretensioner.

All New Brio dibanderol mulai Rp 139 juta sampai Rp 190 juta on the road Jakarta dan sekitarnya. Mobil ini ditawarkan dalam tujuh pilihan warna yakni Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red dan Carnival Yellow yang tersedia pertama kalinya untuk Honda di kawasan Asia dan Oceania.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X