Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanda Kopling Mobil Sudah Minta Diganti

Kompas.com - 24/10/2018, 14:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Gejala-gejala kerusakan atau kondisi abnormal pada komponen kopling mobil ternyata bisa dideteksi sejak dini. Karena itu, pemilik bisa menyegerakan kendaraannya buat dicek ke bengkel.

Memang, sudah seharusnya pengemudi peka terhadap kondisi mobilnya sendiri. Pasalnya, jika diabaikan kerusakan bisa semakin parah, dan mobil jadi tak nyaman juga dikendarai.

Setidaknya ada beberapa ciri sederhana, menurut Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, buat identifikasi kalau kopling sudah tak bekerja dengan normal lagi.

Ini 4 tandanya:

1. Indikasi awal yang bisa dirasakan adalah tenaga berkurang atau bisa disebut ngempos, terutama ketika mobil melalui tanjakan.

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

2. Tercium baru gosong apabila gesekannya besar, dan dalam waktu yang cukup lama.

3. Terasa sulit ketika akan memasukkan gigi perseneling.

4. Dalam keadaan mesin dihidupkan, mobil tidak berjalan pada saat gigi persneling sudah dimasukkan dan pedal kopling dilepas.

Soal estimasi biaya perbaikannya, Nurrahman mengatakan buat Avanza 1.3L di kisaran Rp 2,3 juta (disc, cover, release bearing, kabel), Avanza 1.5L Rp 2,5 juta (disc, cover, release bearing), lalu Innova bensin sekitar Rp 3,3 juta (disc, cover, release bearing, kabel).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com