Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap MotoGP Sowan ke Paus Fransiskus

Kompas.com - 06/09/2018, 10:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

VATIKAN, KOMPAS.com - Juara bertahan MotoGP Marc Marquez dan sejumlah rekan-rekan pebalap menemui Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (5/9/2018). Kedatangan mereka hanya berselang beberapa hari menjelang perhelatan rangkaian Seri MotoGP San Marino pada akhir pekan ini.

Mengutip dari Tuttomotoriweb, ini merupakan pertama kalinya delegasi MotoGP datang ke Vatikan dan disambut langsung pemimpin tahta suci. Selain para pebalap, turut serta beberapa manajer tim dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta selaku promotor MotoGP.

Marquez merasa senang bisa bertemu dengan Paus. Menurutnya, pertemuan dengan Paus merupakan momen yang harus dilakukan sekali seumur hidup.

Baca juga: Paus Fransiskus Pilih Hyundai Santa Fe Diesel

"Kami saling berbicara. Apa yang dikatakannya sangat bagus untuk memotivasi," ujar pebalap Repsol Honda ini.

Paus Fransiskus memberkati mobil Lamborghini Huracan yang dihadiahkan kepada dia.OSSERVATORE ROMANO / AFP Paus Fransiskus memberkati mobil Lamborghini Huracan yang dihadiahkan kepada dia.

Beberapa pebalap yang tercatat ikut serta dalam kunjungan tersebut adalah Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Danilo Petrucci dan Jack Miller. Hadir pula Paolo Simoncelli, ayah dari mendiang Marco Simoncelli.

Sementara itu, Paus menyampaikan pesan agar para pebalap MotoGP yang hadir bisa mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan dan kristen lewat semangat olahraga. Menurut Paus, kegiatan olahraga dapat diekspresikan dalam bahasa universal yang melampaui batas, bahasa, ras, agama, dan ideologi.

Baca juga: Paus Fransiskus Bisa Dongkrak Image Kia

"Kehadiran anda memberi saya kesempatan untuk mengatakan betapa pentingnya olahraga di masyarakat. Ini bisa membangkitkan kesetiaan dalam hubungan interpersonal, persahabatan dan menghormati aturan," ucap Paus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com