Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim MotoGP Asal Malaysia Resmi Perkenalkan Diri

Kompas.com - 25/08/2018, 13:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Kiprah tim Sepang International Circuit (SIC) di seri balapan MotoGP 2019 semakiin lengkap sejak dibentuknya tim di kelas MotoGP. Untuk menjalankan ketiga tim ini, Petronas dan Sepang Circuit menginvestasikan dana hingga 30 juta Euro.

SIC sendiri sudah mengumumkan nama tim MotoGP mereka yakni Petronas Yamaha Sepang Racing Team. Pebalap mereka untuk musim 2019 adalah Franco Morbidelli (22) dan Fabio Quartararo (19) yang diperkenalkan pada sesi latihan bebas di Sirkuit Silverstone menjelang GP Inggris, Jumat (24/8/2018).

Untuk mengepalai tim Moto2 dan Moto3, nama Johan Stigefelt ditunjuk sebagai kepala tim. Dari pebalapnya, John McPhee (24) jadi pebalap baru menggantikan pebalap Malaysia Adam Norrodin yang akan berlaga di CV Repsol Moto2 tahun depan. McPhee akan menemani Ayumu Sasaki membalap untuk tim Petronas Sprinta Honda.

"Kita memiliki pebalap-pebalap kuat di masing-masing kompetisi. Morbidelli mantan juara dunia Moto2. Kita memiliki ekspektasi tinggi untuk berlaga di kelas premier, dengan peralatan yang kompetitif, tim yang baik dan pebalap yang berpotensi. Kami menargetkan hasil terbaik," ucap Stigefelt seperti dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (25/8/2018).

Baca juga: Cerita Bos SIC Soal Keputusan Pensiun Pedrosa

Rider di kelas Moto2 akan kedatangan Khairul Idham Pawi yang pernah memenangkan laga di Moto3 dalam kondisi hujan. Stigefelt berharap Idham akan berkembang di Moto2 bersamaan dengan tim Malaysia yang merupakan negara asalnya.

Nama-nama lain yang diumumkan untuk bekerja membangun tim SIC adalah Wilco Zeelenberg yang saat ini merupakan pelatih pebalap Maverick Vinales di tim Movistar Yamaha untuk menjadi tim manajer Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Selain itu, kepala kru Vinales Ramon Forcada juga akan menjadi kepala kru untuk Morbidelli. Nama lain adalah Diego Gubellini yang merupakan kepala kru untuk Morbidelli di Marc VDS yang akan menangani Quartararo.

Lantas motor Yamaha apakah yang akan digunakan Morbidelli dan Quartararo tahun depan? Lin Jarvis, kepala tim Yamaha Racing, mengungkapkan akan memberikan mesin A-spec dan B-spec. Mesin A-spec akan diberikan kepada Morbidelli dan B-Spec akan ke Quartararo.

"November nanti kita akan tes di Valencia dan Jerez menggunakan mesin 2018. Saat tes di Sepang 2019 mendatang, Morbidelli akan menerima dua mesin A-spec yang sama seperti Valentino dan Vinales. Namun tentu saja tim pabrikan akan menerima part terbaru terlebih dulu," ucap Jarvis.

SIC Team

Kelas MotoGP
Petronas Yamaha Sepang Racing Tim
Pebalap : Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo
Manajer tim : Wilco Zeelenberg
Kepala kru Morbidelli : Ramon Forcada
Kepala kru Quartararo : Diego Gubellini

Kelas Moto2
Petronas Sprinta Racing
Manajer tim : Johan Stigefelt
Pebalap : Khairul Idham Pawi

Kelas Moto3
Petronas Sprinta Racing
Manajer Tim :Johan Stigefelt
Pebalap : John McPhee dan Ayumu Sasaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com