Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Rekayasa Lalu Lintas Selama Asian Games 2018

Kompas.com - 13/08/2018, 14:22 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com –  Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengimbau masyarakat mangantisipasi ragam rekayasa lalu lintas selama Asian Games. Kondisi ini penting dilakukan agar tidak menggangu aktifitas baik yang hendak bekerja atau berpergian.

“Bentuk antisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat di antaranya adalah merencanakan pengaturan perjalanan agar aktivitas mereka tetap berjalan dengan baik,” ucap Kepala Bagian Humas BPTJ Budi Rahardjo, dalam siaran resminnya, Senin (13/8/2018).

Salah satunya, Budi mencontohkan seperti perjalanan untuk menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta ataupun Halim Perdanakusuma.  Masyarakat diharapkan mengantisipasi adanya penutupan pintu tol dalam kota dengan memilih rute alternatif lain.

Baca juga: Ratusan Vespa Jadi Pengawal Pawai Obor Asian Games 2018

Begitu juga bagi masyarakat yang selama ini menggantungkan aktifitas melalui jalan tol dalam kota. Budi mengingatkan ada tujuh pintu tol yang ditutup mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang dengan sekema waktu berbeda.

Pada pukul 06.00-17.00 WIB penutupan berlaku untuk pintu tol Angke 2, Slipi 2, Tanjung Duren, dan TMII. Sementara pada pukul 12.00-21.00 berlaku untuk Angke 1, Slipi 1, dan TMII 2.

Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.

“Masyarakat perlu mengantisipasi jalur alternatif dan waktu tempuh, atau beralih menggunakan moda transportasi umum,” ucap Budi.

Selain ganjil genap, pentupan tujuh pintu tol, saat Asian Games dimulai juga akan berlaku pembatasan angkutan barang golongan III, IV, dan V.  Kendaraan angkutan barang tersebut tidak boleh beroperasi pada di beberapa ruas tol pada waktu yang ditentukan dan dialihkan melalui tol JORR.

Baca juga: Ini Payung Hukum Perluasan Ganjil-Genap Asian Games 2018


Pada pukul 05.00-22.00 WIB, angkutan barang tak boleh melintas di ruas tol Cawang-Tomang-Pluit, lalu berlanjut ke ruas Tol Tomang-Kembangan. Sementara pada pukul 06-19.00 WIB, angkutan barang dilarang beroperasi di ruas tol Cawang-Tanjung Prok, Cawang-TMII, Cawang-Cikuni, dan ruas tol Pelabuhan.
 
“Dampak dari kebijakan pembatasan angkutan barang, diperkirakan volume kendaraan angkutan barang yang melewati tol JORR akan meningkat. Bagi pengguna kendaraan pribadi diharapkan dapat mengantisipasi dari awal,” ujar Budi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com