Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Amsterdam, Belanda

Keunikan Sistem Baterai Mitsubishi Outander PHEV

Kompas.com - 28/06/2018, 07:23 WIB
Azwar Ferdian

Editor

AMSTERDAM, KOMPAS.COM - Sebagai kendaraan dengan teknologi PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), Mitsubishi Outlander PHEV perlu mengisi ulang baterainya. Meski memilki mesin konvensional (bensin), sumber tenaga utama mobil ini ada di baterai.

Baterai yang digunakan model ion-lithium, dengan 80 cell berdaya 300 volt. Baterai tersebut berada di bagian tengah bawah kabin, yang diklaim tidak mengurangi volume di dalam kabin mobil.

"Untuk pengisian normal sampai penuh 100 persen, membutuhkan waktu 5,5 jam, dengan daya 230 volt dengan listrik alternating current (AC)," Ryuichi Kimura, Senior Manager Product Planning and Market Research Mitsubishi Motors Europe, Minggu (24/6/2018).

Baca juga: Rahasia Mitsubishi Pilih Outlander yang Pakai Teknologi PHEV

Sementara untuk pengisian cepat atau quick charging menggunakan listrik direct current (DC), membutuhkan waktu hanya 25 menit sampai baterai terisi 80 persen. Model pengisian cepat ini pakai alat charge Chademo.

Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, PerancisAzwar Ferdian/Kompas.com Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

Bisa buat sumber daya
Keunikan dari sistem baterai Outaknder PHEV ini bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan listrik ringan. Contohnya teko listrik, penyedot debu, pengering rambut atau pemanas makanan.

Kimura menjelaskan, daya pada baterai di Outlander PHEV ketika sudah tidak digunakan dan ingin diisi ulang secara normal harus dibuang (discharging). Ini untuk menjaga daya tahan baterai dari kebocoran.

Untuk melepasnya, bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Daya tersebut setara dengan 1.500 watt listrik di dalam rumah. Setelah daya pada baterai kosong, barulah diisi ulang secara normal.

Baca juga: Coba Mengenal Teknologi Outlander PHEV

Untuk menyimpan dan mengisi ulang di dalam rumah, Mitsubishi Eropa baru saja menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia alat isi ulang dan penyimpan daya listrik, New Motion, di Amesterdam, Belanda.

New Motion ini menyediakan alat pengisi ulang baterai (charging) yang bisa dipasang di rumah. Selain itu, bila ingin menggunakan listrik dari baterai mobil, juga bisa menggunakan alat yang disediakan oleh New Motion ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com