Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Mudik Aman dari Polisi

Kompas.com - 13/06/2018, 18:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman, perlu memperhatikan segala hal. Bukan hanya kendaraan, tetapi fisik, hingga etika berkendara harus menjadi prioritas agar tetap aman dan nyaman sampai di tempat tujuan.

Nah, buat Anda yang baru mulai perjalanan berikut ada beberapa tips yang diberikan oleh Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Dirkamsel Korlantas) Polri.

- Siapkan diri, kalau lelah atau mengantuk, lebih baik mencari tempat istirahat dan berhenti di lokasi-lokasi yang tidak mengganggu pengguna jalan lain. Pastikan aman dan selamat.

- Siapkan kondisi kendaraan, karena jika terjadi kerusakaan maka akan menimbulkan banyak masalah termasuk kemacetan. Ini juga bagian bentuk kepekaan dan kepedulian terhadap sesama pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Polisi Ingatkan Lagi Bahaya Mudik Pakai Motor

- Jangan terburu-buru dan paling penting jangan terpancing emosi atau malah kebut-kebutan. Kondisi seperti itu bisa berdampak fatal untuk diri sendiri maupun pengendara lain di sekitar.

- Terakhir, wajib mentaati semua peraturan dan petugas yang ada di lapangan. Kepatuhan para pengendara akan berdampak pada keselamatan dan keamanan ketika berlalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com