Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Datsun GO+ Tidak Punya Punya CVT?

Kompas.com - 13/05/2018, 19:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Datsun Indonesia cuma memberikan tambahan pilihan transmisi CVT (Continously Variable Transmission) pada hatchback GO, namun tidak untuk MPV GO+. Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia, membeberkan alasannya.

Ada dua cara pandang yang diungkap Masato, yaitu analisa pada konsumen dan kedua dicermati dari tawaran produk Datsun. Saat ini Datsun menjual tiga model, GO, GO+, dan crossover GO Cross.

Cross dikatakan sebagai model flagship Datsun di Indonesia, target konsumennya kalangan lifestyle yang mau paket fitur lengkap. Sementara itu GO dikatakan untuk generasi muda yang senang dengan fitur canggih CVT.

Baca juga: GO CVT Bukan LCGC, Ini Alasan Datsun

Sedangkan untuk GO+, Masato menyebut ditawarkan untuk keluarga muda yang seimbang. Maksudnya konsumen yang menginginkan ruang lebih seperti kapasitas jok (7 tempat duduk) dan bagasi luas, namun mereka tetap juga memilih harga yang seimbang.

Datsun GO+ 2018.DATSUN.co.id Datsun GO+ 2018.

“Jadi, mempertimbangkan kebutuhan konsumen itu kami memutuskan GO+ hanya varian manual,” ucap Masato, Senin (7/5/2018).

Analisa KompasOtomotif, strategi Datsun Indonesia seperti itu juga untuk menyelamatkan Cross. Pasalnya, bila GO+ juga punya CVT maka berpeluang menyedot konsumen yang seharusnya membeli Cross. Kedua model itu berbagi basis platform dan bodi yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com