BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BlackAuto Battle 2018

Mobil Modifikasi Berbagai Kota Padati Blackauto Battle Purwokerto

Kompas.com - 12/04/2018, 08:49 WIB
Dimas Wahyu,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com - BMW dua pintu bercat biru Smurf terjebak di antara kerumunan orang di depan panggung. Pengemudinya terkekeh geli, tidak menyangka ketika seratusan orang tiba-tiba menyemut di antara mereka, di depan panggung pesta modifikasi Blackauto Battle Purwokerto.

Bas yang keluar dari perangkat putar CDJ memang ibarat langsung merenggut jantung orang-orang di GOR Satria, Sabtu (7/4/2018) malam, setelah awalnya tersebar di tenda-tenda tempat mobil-mobil modifikasi.

"Kita sambut, DJ Tiara Dewi...," ujar MC dari sisi panggung. Posisinya bersebelahan dengan tempat dyno test yang sebenarnya dituju oleh BMW tadi.

Deret-deret mobil modifikasi dengan berbagai bentuk yang tertata rapi di bawah tenda-tenda sudah menjadi daya tarik masyarakat di Purwokerto sejak siang. Puncaknya selepas maghrib, ketika area parkir GOR juga sudah mulai sesak.


Bass yang keluar dari perangkat putar DJ Tiara Dewi langsung menarik perhatian para pengunjung Blackauto Battle 2018 di GOR Satria, Purwokerto Sabtu (7/4/2018) malam.Dimas Wahyu Bass yang keluar dari perangkat putar DJ Tiara Dewi langsung menarik perhatian para pengunjung Blackauto Battle 2018 di GOR Satria, Purwokerto Sabtu (7/4/2018) malam.

Ford Ranger ceper, hatchback-hatchback dengan knalpot meletup-letup, Sirion hitam lancip, Honda FD street racing, hingga Brio oranye metalik suicide door saling mengundang orang untuk singgah. Mobil yang terakhir itu sendiri begitu menarik mata. Pilar tengahnya terlihat sudah dieliminasi.

"Iya, ini kali pertama Brio potong pilar (di Purwokerto), tetapi tingkat safety-nya masih dijaga, seat belt masih terpasang, tidak kami hilangkan," ujar pemilik Brio itu, Juliana, yang datang dari Cilacap bersama Honda Brio Community (HBC) Chapter Cilacap.

Brio oranye metalik suicide door mengundang pengunjung Blackauto Battle 2018 Purwokerto untuk singgah. Mobil ini begitu menarik mata karena pilar tengahnya sudah dieliminasi.Dimas Wahyu Brio oranye metalik suicide door mengundang pengunjung Blackauto Battle 2018 Purwokerto untuk singgah. Mobil ini begitu menarik mata karena pilar tengahnya sudah dieliminasi.
Blackauto Battle Purwokerto hari itu menyedot peserta modifikasi dari kota-kota lain. Selain Cilacap, peserta datang dari Tasikmalaya, Bekasi, Jakarta, juga Solo, Yogyakarta, Semarang, dan kota lain di Jawa Tengah, serta kota-kota di Jawa Timur, bahkan Pekanbaru, Riau.

"Jumlah peserta sudah maksimal kuota. Totalnya 100 lebih," kata Boy Prabowo, penyelenggara Blackauto Battle, sedikit menguatkan volume suaranya karena tengah turut dalam penjurian SQL atau sound quality level, salah satu bagian kontes audio Black Out Loud.

Sesuai namanya, SQL berbeda dengan SPL atau sound pressure level yang beradu kekuatan desibel. Di SQL, yang diuji adalah kualitas audio. Mobil peserta SQL parkir mundur di arena penjurian, pintu belakang tempat speaker dibuka, sementara juri berdiri dalam jarak terentu di belakangnya.

Satu lagu jazz lantas diputar. Kompleksitasnya lebih kurang bisa mengetes kemampuan audio secara detail.

Boy Prabowo, penyelenggara Blackauto Battle, tengah turut dalam penjurian SQL atau sound quality level, salah satu bagian kontes audio Black Out Loud di ajang tersebut, Sabtu (7/4/2018) di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah. Dimas Wahyu Boy Prabowo, penyelenggara Blackauto Battle, tengah turut dalam penjurian SQL atau sound quality level, salah satu bagian kontes audio Black Out Loud di ajang tersebut, Sabtu (7/4/2018) di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah.
Saat itu, seorang juri SQL terlihat mengernyitkan dahi. Ia lalu mendekat ke mobil, dan rupanya menyingkirkan sebuah bilah plastik yang mengganggu pantulan audio. Kira-kira sebegitulah pengutamaan detail dalam kontes satu ini.

Mobil-mobil street racing

Siang itu, sebuah Corolla Altis berwarna merah melaju perlahan melewati depan panggung. Lalu pintu dibuka, kap mesin dibuka, bagasi dibuka. Juri-juri melihat-lihat, sementara pengunjung bisa leluasa memandangi dan memotret mobil-mobil peserta.

Mobil-mobil street racing memang lumayan jamak di ajang-ajang Blackauto Battle, termasuk pada putaran pertama 2018 di Purwokerto, Sabtu (7/4/2018).Dimas Wahyu Mobil-mobil street racing memang lumayan jamak di ajang-ajang Blackauto Battle, termasuk pada putaran pertama 2018 di Purwokerto, Sabtu (7/4/2018).
Corolla yang lewat ini sendiri adalah milik Rendy, warga Pabuaran, Purwokerto Utara. Ia mengusung gaya street racing di mobilnya karena alasannya masih bisa dipakai harian.

Mobil-mobil street racing memang lumayan jamak di ajang-ajang Blackauto Battle, termasuk di kota yang punya makanan khas sroto (soto) dan mendoan ini. Boy—yang juga COO di Asia Pacific Car Tuning Association (APACT)—menanggapi bahwa street racing adalah gaya modifikasi mobil yang menarik karena bisa dijejali segala macam aksesori.

"Di street racing itu segalanya memungkinkan. Energinya kalau di APACT sebenarnya (film) Fast and Furious. Mobilnya kencang, audionya kencang. Sepanjang konsepnya masuk, enggak ada yang salah," kata Boy.

Secara industri, menurut Boy, aliran modifikasi street racing punya efek menumbuhkan ekonomi. Penyukanya akan belanja parts sehingga supplay-demand pun tumbuh serta menyerap tenaga kerja. Namun, dalam Blackauto Battle, tidak berarti banyak belanja parts adalah kunci kemenangan.

 

Honda FD Galaxy klub Dulur Aing asal Bandung (merah, kiri) menjadi The Champ dalam ajang Blackauto Battle 2018 putaran pertama di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (7/4/2018).Dimas Wahyu Honda FD Galaxy klub Dulur Aing asal Bandung (merah, kiri) menjadi The Champ dalam ajang Blackauto Battle 2018 putaran pertama di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (7/4/2018).

"Yang dicari adalah detail. Score sheet akan bicara. Misalnya, eksterior sudah 10 poin, tetapi akan ada poin pengurang karena garis yang enggak ketemu, cat belang, finishing-nya (bermasalah)," ujarnya.

Melalui asosiasi APACT, kata Boy, mereka coba menakar sebaik mungkin yang bersifat subyektif untuk dinilai secara obyektif.

"Di kami itu, kalau ada anggapan mobil modifikasi ekstrem pasti menang, wah belum tentu. Kebetulan statistik di kami memang kebanyakan yang menang adalah mobil kelas ekstrem sama street racing. Ya depend on design, depend on detail," kata dia.

Orang-orang berkerumun di sebelah Ford Ranger kuning nan ceper dalam ajang Blackauto Battle 2018 putaran pertama Purwokerto, Sabtu (7/4/2018). Dimas Wahyu Orang-orang berkerumun di sebelah Ford Ranger kuning nan ceper dalam ajang Blackauto Battle 2018 putaran pertama Purwokerto, Sabtu (7/4/2018).
Di Blackauto Battle sendiri, para peserta punya kesempatan untuk masuk dalam kategori-kategori, entah yang mengacu mesin, penataan audio, stiker, total modifikasi, bahkan "knalpot bocor", satu kategori unik untuk menakar desibel muffler mobil.

Kategori ini pula yang dimenangi BMW yang terjebak di tengah keramaian tadi. Suara buangan dari mesinnya menghasilkan angka 112 db. Namun, bukan suaranya saja yang juara.

Saat naik ke panggung dyno test kelas bebas Free for All (FFA) yang menjadi menu penarik massa tiap kali Blackauto Battle diadakan, BMW milik Ryan itu tembus di level 466,1 HP di antara mobil peserta FFA lain yang bermain di level 100-200 HP.

Namanya masuk daftar pemenang per kategori yang kemudian mengantarkan acara menuju puncak, yakni penentuan The King of Black dan The Champ.

Kategori The King of Black untuk Blackauto Battle Purwokerto diraih Daihatsu Sirion hitam bersayap belakang besar milik Iswar yang datang jauh-jauh dari Pekanbaru, Riau.

"Kepikirannya sih awalnya street racing. Karena di teman-teman kami juga sudah banyak, kami larinya agak ke ekstrem, mengubah pintu, motorized, wing, bumper depan-belakang full custom," kata Iswar.

Tiga juara Blackauto Battle 2018 putaran pertama di Purwokerto diapit para juri, Sabtu (7/4/2018). Dimas Wahyu Tiga juara Blackauto Battle 2018 putaran pertama di Purwokerto diapit para juri, Sabtu (7/4/2018).
Sementara itu, kategori The Champ sebagai yang tertinggi untuk keseluruhan rangkaian Blackauto Battle diraih Honda FD "Galaxy" klub Dulur Aing asal Bandung. Tidak salah lagi, kemenangannya dikejar dengan semangat detail dan presisi.

"Untuk mesin saja, inden injector-nya sudah satu minggu. Lebih kurang, garap mesin saja sebulan. Lalu kaki-kaki, as roda itu kami pesan khusus ke bengkel racing. Kami enggak mau tahu-tahu ada trouble. Soalnya, mesin yang kami pakai ini kan berat ya," kata Rudi, pemilik mobil tersebut, seraya mengatakan bahwa mobilnya yang berukuran kompak itu dipasangi mesin G-35 Series 3.500 cc.

Namanya juga “perang”, amunisi berupa konsep matang dan detail harus ada terus, seperti slogan Blackauto Battle, “The Unstoppable Battle”.

Tuntas di Purwokerto, seri Blackauto Battle 2018 akan berlanjut di Makassar (4 Agustus), Solo (6 Oktober), dan finalnya di Surabaya (1-2 Desember). Untuk yang ingin tahu informasi lebih jauh, coba masuk ke halaman www.blackxperience.com.


 


Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com