Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Recall Ribuan Unit, Lexus RX350 Ikut Terinfeksi

Kompas.com - 08/04/2018, 15:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Aris F Harvenda

Tim Redaksi

Washington, KOMPAS.com - Raksasa otomotif Jepang, Toyota, mengumumkan recall atau penarikan kembali beberapa model mobilnya di wilayah Amerika Serikat, setelah menemukan adanya cacat pada komponen vacuum pump.

Pihak Toyota menyebutkan, dari Autoevolution, Sabtu (7/4/2018)  komponen tersebut diindikasi telah diproduksi secara tidak benar, dan seiring waktu dapat menyebabkan tidak maksimalnya pengereman dalam kondisi mendadak.

Mobil-mobil yang masuk dalam daftar recall adalah Camry dan Highlander 2018, serta model 2017 dari Sienna dan Tacoma. Sementara ada satu lagi satu model dari lineup Lexus, RX350, yang ikut terpengaruh oleh kecacatan ini.

Di pasar Indonesia sendiri, Lexus Indonesia juga memasarkan model SUV tersebut, di mana pada awal Maret 2018 lalu baru saja memperkenalkan produk anyarnya RX350L, yang bisa muat tujuh penumpang.

Baca juga : Ini Perbedaan Lexus RX 350L dibanding Famili Lain

Lexus RX 350L.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Lexus RX 350L.

Ini merupakan salah satu model terlarisnya di dalam negeri dan diimpor utuh dari Jepang. Namun, masih belum diketahui apakah model-model yang ada di Indonesia juga terkena recall.

“Pada semua kendaraan yang terlibat, Toyota dan dealer Lexus akan mengganti pompa vakum dengan yang baru tanpa biaya kepada pelanggan. Semua pemilik akan menerima pemberitahuan melalui pos kelas satu pada akhir Mei 2018,” kata pihak Toyota dalam siaran resminya.

Penarikan ini adalah yang ketiga kalinya melibatkan Camry tahun ini. Minggu lalu Toyota bahkan mengumumkan akan mengganti mesin terhadap 1.730 model Camry, setelah menemukan ukuran piston mesinnya lebih besar dari spesifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com