Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Klaim Trax Pionir Mesin Turbo di Kelasnya

Kompas.com - 02/03/2018, 18:45 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Chevrolet Trax diketahui bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) di pasaran dalam negeri. General Motors (GM) Indonesia menyatakan sampai saat ini hanya Trax yang sudah menggunakan mesin turbo di kelas tersebut.

External Affairs and Communication Director GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono meyakini penggunaan mesin turbo lambat laun akan diikuti para kompetitor. Sebab mesin turbo memiliki keunggulan mampu menghasilkan tenaga yang besar dengan tenaga yang hemat.

"Mungkin sekarang orang belum mikir Turbo. Jadi kita yang jadi trendsetter. Kita yakin ini pasti akan jadi tren. Kalau nanti orang mengikuti ya tidak masalah," kata Yuniadi di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Baca juga : Apa Saja Modal Chevrolet Trax Tantang HR-V?

Trax menggendong jantung pacu 1.4L Gasoline with Turbocharger and Dual CVCP. Tercatat memang belum ada pesaing yang menggunakan mesin dengan jenis yang sama. Pada segmen ini, saingan Trax adalah duet kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Suzuki S-Cross, dan duo andalan Honda, BR-V dan HR-V.

Emblem Premier yang tersemat pada Chevrolet Trax warna Coopertino yang diluncurkan di Jakarta pada Kamis (1/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Emblem Premier yang tersemat pada Chevrolet Trax warna Coopertino yang diluncurkan di Jakarta pada Kamis (1/3/2018).

Rush dan Terios diketahui menggunakan mesin 1.496 2NR VE DOHC Dual VVTI; S-Cross dengan mesin 1.491 cc VVT DOHC; BR-V dengan mesin 1.5 SOHC i-VTEC; dan HR-V dengan dua pilihan mesin, yakni 1.5L SOHC i-VTEC dan 1.8L SOHC i-VTEC.

Sales and Network Director GM Indonesia, Donald Rachmat mengatakan, tidak adanya pesaing yang menggunakan mesin turbo inilah yang membuat pihaknya merasa belum perlu memperbarui mesin dan fitur Trax dalam waktu dekat. Menurut Donald, GM Indonesia tengah fokus menawarkan warna, ditandai dengan dihadirkannya Coopertino.

Baca juga : Harga Lengkap LSUV Januari 2018, Bagaimana Posisi Rush-Terios

"Kita fokus ke warna. Kalau fitur kita termasuk yang best engine in class. Dalam hal safety, kita punya enam airbag. Jadi untuk fitur secara garis besar dibanding kompetitor, Trax merupakan yang terbaik di kelasnya," ujar Donald.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com