Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Mekanik Astra Autoparts Setara dengan ATPM

Kompas.com - 26/02/2018, 11:22 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Sebagian dari jaringan outlet Shop And Drive yang bernaung di bawah Astra Autoparts merupakan bengkel yang bukan milik agen tunggal pemegang merek (ATPM). Dengan kata lain, outlet tersebut merupakan bengkel kepemilikan pribadi.

Namun demikian, Astra Autoparts mengklaim punya cara menyeragamkan kualitas mekanik bengkel-bengkel tersebut. Head of Retail Division Astra Autoparts Indra Nugraha menyatakan untuk menjamin kualitas pekerjaan, pihaknya mendidik para mekanik dengan standar Astra.

Salah satunya dengan pelatihan berkala. Menurut Indra, pelatihan biasanya dilakukan di pusat training Astra, baik yang ada di Jakarta, Solo, Surabaya dan Palembang.

Baca juga : Jurus Astra Otoparts Cetak Tenaga Penjual Profesional

"Kami harus memastikan mekanik kami mampu menjalankan semua standar operasional yang ada. Mekanik yang baru masuk kita training. Setelah dari dasar, naik ke basic sales operation," kata Indra di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, menunjukkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang baru diresmikan di SMK PGRI 20 Jakarta, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini adalah bentuk kerja sama berkesinambungan dengan SMK PGRI 20 Jakarta untuk mencetak lulusan yang handal dan terampil di dunia OtomotifKOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, menunjukkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang baru diresmikan di SMK PGRI 20 Jakarta, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini adalah bentuk kerja sama berkesinambungan dengan SMK PGRI 20 Jakarta untuk mencetak lulusan yang handal dan terampil di dunia Otomotif

Selain mendidik melalui pelatihan, Indra menyebut Astra Autoparts juga mengadakan pengetahuan manajemen. Melalui cara ini, mekanik tidak perlu dikumpulan. Namun hanya perlu diberikan materi yang disebar melalui email.

Menurut Indra, pengetahuan manajemen biasanya dilakukan untuk membahas isu terbaru yang tengah ramai di masyarakat. Misalnya mobil-mobil apa saja yang cocok menggunakan aki Idling Start Stop (ISS).

Baca juga : Layanan Baru Astra Otoparts untuk Aki

"Jadi kalau kami mengumpulkan mekanik seluruh Indonesia untuk sekedar menerangkan itu kan susah. Jadi dibikin manajemen forum, materinya disebarkan melalui itu," ujar Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com